28 C
Semarang
Sabtu, 12 Juni 2021

Penahan Rob Selesai 2019

RADARSEMARANG.COM, KAJEN—Tanggul penahan rob sepanjang 6 kilometer di pantai Kabupaten dan Kota Pekalongan mulai dibangun. Groundbreaking pembangunan proyek pengendalian bajir dan rob dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Rabu (24/1).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menjelaskan, pembangunan tanggul ini merupakan salah satu usaha mengurai masalah rob yang sudah terjadi sejak 2008. Bahkan Pemkab Pekalongan juga belajar ke Belanda.

“Dan sebagai pemenuhan janji kami pada waktu kampanye lalu terkait penyelesaian masalah rob, Alhamdulillah mulai hari ini pembangunan penahan rob dimulai,” ungkap Asip.

Asip juga mengatakan, anggaran pembangunan penahan rob ini dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana, bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Pekalongan dan Kota Pekalongan. Sesuai rencana, tanggul akan dibangun sepanjang 6 kilometer. Sepanjang 1,7 kilometer akan dibangun di wilayah Kota Pekalongan dengan anggaran Rp 517 miliar. Sementara di wilayah Kabupaten Pekalongan sepanjang 4,3 kilometer dengan anggaran rp 489 miliar.

“Dengan teknis pembangunan ketika melewati sungai kecil, akan dibendung sedangkan untuk sungai besar semacam Meduri, Sragi Baru dan Wonokerto akan dibangun parapet. Oleh karena itu kami berharap kepada semua pihak, untuk mendukung kegiatan ini, terutama kepada mereka yang lahan atau rumahnya dilalui proyek ini, untuk diikhlaskan demi kepentingan bersama,” katanya.

Mengenai tanggul melintang yang sudah dibangun di Desa Mulyorejo, nantinya akan diperkuat dengan tanggul yang saat ini mulai dibangun pemerintah pusat. Pekerjaan akan dibagi dalam 3 paket. Paket I berada di wilayah Kecamatan Wonokerto hingga sungai Sragi B. Kemudian paket II di Desa Mulyorejo dan paket III meliputi wilayah Kota Pekalongan hingga Desa Jeruksari. Pekerjaan 3 paket ini dilakukan bersama-sama sehingga diharapkan sudah selesai pada akhir 2019 mendatang. (thd/ton)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here