Oleh: Dra Diana Farida MPd
Oleh: Dra Diana Farida MPd

RADARSEMARANG.COM – BAHASA Inggris dipandang sebagai pelajaran yang sulit oleh sebagian peserta didik. Salah satu kendala mereka adalah menulis teks report. Masalah yang peserta didik hadapi dalam menulis teks tersebut yang pertama adalah keterbatasan kosa kata, terutama yang terkait dengan istilah teknis tentang obyek yang dibahas dan yang kedua rendahnya penguasaan grammar. Kendala ini menyebabkan mereka enggan belajar, sehingga mereka tampak kurang termotivasi saat pembelajaran menulis teks reportberlangsung.Masalah ini mempengaruhi hasil belajar mereka.

Hal ini terlihat dari rendahnya nilai ulangan menulis teks report. Sebagian besar peserta didik harus mengikuti pembelajaran remidial dan ulangan remidial, karena ketidaktuntasan mereka dalam menguasai kompetensi menulis teks report.

Menyikapi realita ini, penulis terinspirasi untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik bermain kartu. Kartu yang dirancang penulis disesuaikan dengan topik bahasan yang dipelajari. Misalnya, saat membahas mamalia, penulis memilih platipus, dolpin dan kangguru sebagai topik bahasan. Binatang tersebut dipilih karena keunikan masing-masing.

Untuk membuat media kartu, penulis mengadakan pencarian informasi tentang binatang tersebut dari Internet. Dari informasi yang didapat penulis kemudian menulis berbagai pertanyaan tentang hewan tersebut diatas kartu. Agar peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, penulis menyediakan lembar informasi yang berisi berbagai informasi tentang hewan tersebut.

Untuk memainkan kartu, peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok 1 dan 2 bermain kartu tentang platipus, kelompok 3 dan 4 bermain kartu tentang dolpin, kelompok 5 dan 6 bermain kartu tentang kangguru. Sebelum kartu dimainkan peserta didik mengocok kartu terlebih dahulu dan kemudian membagikannya pada setiap pemain.