Beranda Wonosobo 4 Pendaki Sindoro Lemas dan Kedinginan

4 Pendaki Sindoro Lemas dan Kedinginan

Tersesat Dihadang Badai Besar

Others

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO — Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 4 pendaki Gunung Sindoro yang tersesat sejak Kamis (18/1) sore. Proses evakuasi sempat terhambat badai besar.

Keempat pendaki tersebut masing-masing Dimas Bagus P warga Rowopeni Wonosobo; Fauzi Kurniawan asal Purwokerto; Ramadhan S dari Kendal dan Adhi Prasetyo asal Ajibarang Banyumas. Mereka ditemukan tim SAR pada Sabtu (19/1) sekitar pukul 03.05 WIB. Saat ditemukan, kondisi korban sudah lemas dan kedinginan. Tim evakuasi langsung memberikan pertolongan dengan menghangatkan tubuh mereka dan memberikan makan.

Sekitar pukul 07.30 WIB, keempat korban dievakuasi melalui jalur Gunung Alang Desa Buntu. Mereka sudah ditunggu tim medis dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

Kapolsek Kejajar Sukiman menjelaskan, tim SAR yang berjumlah 20 orang sempat dihadang badai besar saat menyisir jalur Sikatok sampai pos 2. Hujan deras, angin kencang dan kabut tebal membuat mereka harus kembali ke basecamp Desa Sigedang. Ketika cuaca membaik, pencarian dimulai lagi dan tim SAR dipecah menjadi 2 tim.

“Satu tim berjumlah 8 orang menyisir berangkat dari Pos Gunung Alang Desa Buntu dan satu tim lagi berangkat dari Pos Sikatok,” jelas Sukiman.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, Awalnya rombongan pendaki yang berangkat pada Rabu (17/1) ini berjumlah lima orang. Tapi seorang pendaki, Ilyas Z asal Sokanandi Banjarnegara tidak kuat sehingga tetap tinggal di tenda. Sementara 4 orang lainnya memutuskan tetap melanjutkan perjalanan.

“Pada hari Kamis (18/1) pukul.17.00, pendaki atas nama Dimas melaporkan melalui ponsel, korban beserta tiga orang temannya tersesat sewaktu perjalanan turun,” jelas Sukiman.

Mendapat laporan tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan tim relawan dan berupaya melakukan pencarian. Saat menyisir di jalur menuju pos 4, tim menemukan Ilyas sendirian di dalam tenda. Ia langsung dievakuasi ke basecamp Sigedang. (jpg/ton)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here