Jangan Sampai Ada Pemilih Ganda

  • Bagikan
COCOKKAN DATA : Petugas Pemutakhiran Data Pemilih saat mencocokkan data calon pemilih di rumah anggota DPRD Kota Magelang Muhammad Haryadi, Sabtu (20/1). (IST)
COCOKKAN DATA : Petugas Pemutakhiran Data Pemilih saat mencocokkan data calon pemilih di rumah anggota DPRD Kota Magelang Muhammad Haryadi, Sabtu (20/1). (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Sabtu (20/1) lalu, mulai melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar calon pemilih pilkada serentak tahun 2018. Sebanyak 220 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dikerahkan KPU Kota Magelang untuk melakukan proses coklit di seluruh wilayah Kota Magelang.

“Coklit ditargetkan tiap satu petugas mendatangi minimal 5 rumah. Untuk lebih memaksimalkan kegiatan coklit, jajaran KPU, PPK dan PPS juga akan ikut serta mencoklit,” imbuh Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron. Kegiatan coklit pertama dilakukan di rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KPU, Panwas maupun pihak lainnya. “Sinergitas ini dari awal jadwal pelaksanaan sudah bergerak, artinya tidak tergopoh-gopoh, agar datanya benar-benar valid serta dapat dipertanggungjawabkan kesiapan penyelenggaraan,” papar Sigit.

Terkait dengan pelaksanaan coklit hingga pertengahan Februari 2018 mendatang, Sigit meminta masyarakat agar dapat memberikan keterangan, informasi sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya. “Jangan sampai ada pemilih ganda maupun lainnya. Semakin hari semakin baik, penyelenggaraan semakin hari semakin jujur dan adil,” imbuh Sigit.

Sementara, anggota DPRD Kota Magelang Muhammad Haryadi meminta petugas coklit harus teliti dan tegas dalam mengisi data-data pemilih ke dalam formulir pendataan. “Apabila ada kesalahan dan data yang dibawa oleh petugas tidak sesuai, maka masyarakat harus menyampaikan data sebenar-benarnya,” kata Haryadi. (cr3/ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *