Jaga NKRI, PCNU Bumikan Islam Nusantara

  • Bagikan
PELANTIKAN : Jajaran pengurus PCNU Demak masa khidmat 2017-2022 resmi dilantik, Minggu (21/1) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELANTIKAN : Jajaran pengurus PCNU Demak masa khidmat 2017-2022 resmi dilantik, Minggu (21/1) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak bertekad membumikan Islam nusantara serta menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan, termasuk makin masifnya gerakan transnasional yang mengancam keutuhan NKRI.

Hal tersebut mengemuka dalam Muskercab dan Pelantikan PCNU masa khidmat 2017-2022 yang berlangsung di Ponpes A Fattah, Kota Demak, kemarin. Ketua panitia, H Sa’dullah mengungkapkan, untuk meneguhkan Islam nusantara itu, NU sebagai organisasi sosial keagamaan terbesar, harus bisa menguasai media informasi, utamanya media sosial (medsos). “NU harus kuasai medsos,” katanya.

Ketua Tanfidz  PCNU Demak, KH Aminudin menambahkan, dalam berbagai aspek kegiatan NU harus tertib administrasi. Sebab, hal itu masih menjadi kelemahan organisasi yang harus terus dibenahi. “Inventarisasi seluruh anggota yang ada,” katanya.

Menurut Kiai Aminudin, tiga hal menjadi perhatian PCNU Demak terkait amanat Muktamar NU di Jombang. Yaitu, penguatan nilai ahlussunnah wal jamaah (Aswaja), penguatan pendidikan dan penguatan ekonomi umat. “Kami berharap, lembaga dakwah NU menjadi corong NU baik di dalam dunia maya (duma) atau dunia nyata. Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) juga harus menguatkan pondok pesantren dan madrasah. Penguasaan dan penjagaan aset NU baik masjid maupun musala tentu menjadi tanggung jawab bersama. Harus tertib administrasi,” katanya.

Rais Syuriah PCNU, KH  Zaenal Arifin Ma’shum berharap, pengurus PCNU yang dilantik harus bisa menjaga soliditas sehingga dapat menjalankan amanah yang diberikan. “Jalankan program yang realistis. Mari kita berkhidmat untuk NU,” ujarnya.

Wakil Ketua PCNU Demak Dr Abdurrahman Kasdi Lc MSi juga mendorong Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM (Lakpesdam) NU dapat memaksimalkan perannya dalam mengkaji berbagai hal untuk memajukan NU dan warga Nahdliyyin. “ Lakpesdam NU ini mempunyai peran besar dalam memajukan NU. Karena itu, banyak program yang telah disiapkan,” katanya.

Khatib Syuriyah PBNU, KH Mujib Qulyubi menegaskan bahwa pengurus baru harus bisa memajukan bidang pendidikan serta ekonomi umat berbasis NU. “Pendidikan dan ekonomi umat ini penting diperjuangkan. Kami mengapresiasi karena Rumah Sakit Islam (RSI) NU Demak bisa menjadi pilot project pengembangan dalam bidang kesehatan,” katanya.

Pelantikan pengurus NU ini antara lain dihadiri KH Hanif Muslih, KH Muhamad Asyiq, KH Misbakhul Munir dan para kiai lainya.  Bupati Demak HM Natsir dan Wabup Joko Sutanto juga tampak hadir. Sedangkan, dari kalangan partai, hadir anggota DPR RI Fraksi PKB, Drs H Fathan Subchi, Ketua DPC PDI Perjuangan Fahrudin Bisri Slamet, Ketua Gerindra Masykuri, Ketua Golkar Nur Wahid. (hib/sct)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *