Mengatasi Kesulitan Pembelajaran IPA dengan Permainan

spot_img

RADARSEMARANG.COM РMATA Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi salah satu pelajaran yang menakutkan Bagi sebagian besar pelajar. Guru juga tak henti mencari cara untuk melakukan pembelajaran  yang dapat meningkatkan hasil belajar.

Beberapa mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa pada umumnya adalah Matematika, dan IPA. Hal ini dibuktikan dari nilai hasil Ujian Nasional (UN) yang umumnya matematika dan IPA menempati peringkat nilai terbawah atau terendah. Jika ditelaah, sesungguhnya tidak ada mata pelajaran yang sulit asalkan siswa mau berusaha dan guru di sekolah memberikan metode pembelajaran yang cocok.

Belajar di dalam kelas kadang membuat siswa bosan dan kehilangan semangat untuk mengikuti pelajaran. Konsentrasi hilang dan berganti dengan keramaian siswa. Apalagi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dirasa sulit oleh siswa. Khususnya biologi yang di dalam kompetensinya mempelajari lingkungan, sistem kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia. Kesulitanpun dilengkapi dengan banyaknya kata-kata atau istilah yang menggunakan bahasa latin dan medis.

Banyak model pembelajaran  yang dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran apalagi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) agar pelajaran ini menjadi menarik untuk dipelajari sehingga tidak menimbulkan kebosanan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu contoh dalam kegiatan pembelajaran IPA SMP/ MTs yaitu dengan menggunakan permainan kartu. Dalam pembelajaran ini digunakan kartu-kartu yang bertuliskan istilah-istilah dan kartu-kartu yang bertuliskan penjelasan-penjelasan secara terpisah.  

Baca juga:   Penggunaan Games untuk Tingkatkan Minat Berbahasa Inggris

Author

Populer

Lainnya