31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Ngeblog dan Budaya Literasi Guru

RADARSEMARANG.COM – PERKEMBANGAN Teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin meningkat pesat, dengan makin murahnya biaya paket data internet, dan hampir semua orang menggunakan gadget, dan terkoneksi dengan  internet setiap hari. Namun perkembangan teknologi yang pesat tersebut, dalam penggunaanya masih sekedar untuk media sosial,  dan browsing,  guru dapat memanfaatkan koneksi untuk menulis dan membuat materi pembelajaran baik untuk siswa maupun sesama guru.

Salah satu media belajar menulis guru adalah dengan menulis di blog. Apa itu blog?  Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog awalnya adalah catatan pribadi seseorang, buku harian seseorangg, catatan kronologis seseorang yang ditulisakan dalam web pribadi, namun dalam perkembangannya blog dapat menjadi sarana berbagi informasi, berita, diskusi, bahkan untuk menulis materi pembelajaran.

Bagaimana membuat blog gratis? kita dapat membuat blog gratis di penyedia layanan blog gratis misalnya www.blogger.com . Jika anda pengguna Handphone android,tinggal masukan saja email anda, dan klik menu “buat blog baru”, tidak sampai 5 menit anda sudah mempunyai blog.

Banyak seseorang pintar menulis, tapi hanya di jadikan status media sosial, tapi biasanya dengan ditulis di sosial media, tulisan tersebut akan tergeser terus dengan update statusnya, padahal jika blog,tulisannya dapat menjadi sebuah artikel, dan  akan lebih mudah terdokumentasikan dengan baik.

Seorang guru misalnya dapat menulis materi yang akan di sampaikan dalam pembelajaran kedalam blog, dapat membuat catatan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan dan telah di sampaikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas ke dalam blog, dengan demikian kegiatan pembelajaran guru akan terdokumentasikan dengan baik,mudah diakses siswa, dan dapat dicari dengan mudah.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here