Beranda Berita Semarang Tentukan Arah, PKB Konsultasi ke PWNU

Tentukan Arah, PKB Konsultasi ke PWNU

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkonsultasi kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) terkait langkah politik yang akan diambil pada Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Pasalnya, PKB masih mematok menduduki kursi wakil. Sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mendapuk warga NU, Taj Yasin atau Gus Yasin menjadi wakil petahana Ganjar Pranowo. Jika pihaknya merapat ke kubu Sudirman Said, dikhawatirkan akan terjadi perpecahan di kalangan NU Jateng.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jateng, Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf mengaku, perlu pertimbangan matang dalam menentukan langkah final. Berkomunikasi dengan sejumlah kyai dan tokoh, termasuk dengan PWNU Jateng.

“Terus terang kami melaporkan lagi ke NU, karena beberapa waktu lalu, Pak Abu Habsin (Ketua PWNU) dengan tegas menitipkan kepada PKB agar melakukan upaya-upaya politik terkait Pilgub,” ujarnya, di kantor PWNU Jateng, Senin (8/1).

Dijelaskan, forum ini menunjukkan bahwa PKB dan NU selalu jalan bersama. Menjaga kalangan Nahldiyin untuk menjaga persatuan, termasuk menentukan langkah politik. “Alhamdulillah, beberapa masukan telah kami catat dan segera akan kami laporkan ke DPP PKB,” terangnya.

Hadir dalam forum konsultasi itu, Rois Syuriah PWNU KH Ubaidillah Shodaqoh, Wakil Rois Moh Adnan, Ketua PWNU Jateng Abu Habsin, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman, Ketua Fraksi PKB Hendri Wicaksono, Ketua Komisi B DPRD Jateng Chamim Irfani, Wakil Ketua Komisi A Fuad Hidayat, Wakil Bupati Blora Arif Rohman, Jajaran Pengurus DPW PKB Jateng Ida NS, Anggota Komisi D DPRD Jateng Moh Zein Adv, Deni Septiviant, Zainudin Zein dan Mahfudz Sodiq.

Disinggung mengenai kepastian sikap PKB dalam menentukan kolaisi parpol, Gus Yusuf mengaku belum final. Hasil dari rundingan di PWNU Jateng ini akan dibawa ke tingkat DPP untuk digodog kembali. “Tunggu sebentar lagi. Toh masih ada waktu mendaftar ke KPU,” tuturnya.

Abu Habsin menambahkan, pihaknya tidak akan mengintervensi PKB. Dia menyerahkan kepada parpol dalam mengambil keputusan. “Biar PKB sendiri yang memutuskannya. Kami hanya memberi masukan,” ucapnya.

Rois Syuriah, Ubaidillah Shodaqoh menjelaskan, dalam waktu yang singkat ini, tentu harus menghitung untung ruginya ketika memutuskan koalisi. “Idealnya PKB tetap harus mengusung kadernya sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur,” tegasnya.

Di lain pihak, Ketua Desk Pilkada DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro mengaku pihaknya masih mengincar PKB untuk bergabung  menjadi wakil Sudirman Said. “Dengan PKB bisa saja, itu kan opsi (kader PKB) pertama. Karena partai pengusung Gerindra, PAN dan PKS tidak meminta wakil. Wakilnya dari PKB bisa saja,” terangnya. (amh/zal)

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here