Latih Disiplin Siswa dengan Salat Berjamaah

spot_img

RADARSEMARANG.COM – MEMILIKI Anak yang bersikap disiplin merupakan idaman bagi orang tua. Salah satu tujuan orang tua menyekolahkan anak supaya bisa memiliki sikap disiplin. Baik itu disiplin di rumah, di sekolah, di jalan dan di manapun mereka berada.  Tapi jika kita melihat di jalan, banyak kita jumpai anak-anak yang tidak disiplin dalam berlalu lintas. Sering ngebut, melanggar marka, tidak memakai helm, boncengan bertiga, motor pretelan, tidak memiliki SIM ketika berkendara dan lain-lain.

Banyak anak muda zaman sekarang tidak peduli dengan pengendara yang lain ketika di jalan. Naik motor ngebut dengan suara knalpot yang bising, merupakan pemandangan yang sering kali kita jumpai. Bahkan ketika lampu pengatur jalan berwarna merah tak jarang mereka menerobos begitu jalan. Seakan sudah tak peduli dengan keselamatan jiwa.

Ketika di sekolah, kita juga bisa menyaksikan siswa yang datang terlambat, tidak mengerjakan PR,  baju seragam yang dikeluarkan, tidak memakai atribut sekolah, terlambat masuk kelas setelah istirahat dan lain-lain.

Baca juga:   Bacaan Sastra untuk Siswa

Masalah-masalah tersebut hendaknya bisa diselesaikan dengan baik oleh pihak sekolah , keluarga dan lingkungan. Salah besar kalau menjadikan disiplin itu hanya tugas sekolah saja. Sebab tidak mungkin guru mengawasi siswa selama 24 jam. Memang selama di sekolah, disiplin siswa itu menjadi tangung jawab guru. Setelah pulang dari sekolah maka siswa menjadi tanggung jawab keluarga dan lingkungannya.

Salah satu hikmah Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk mendirikan Salat supaya tertanamkan sikap disiplin.  Orang yang salat harus bisa membekas dalam kehidupannya sehari -hari. Kita dilatih oleh Allah SWT untuk disiplin waktu dalam salat. Sebagaimana firman Allah SWT  surat An-Nisa:103, “Sesungguhnya salat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman”. Dalam surat Al-Ma’un: 4-5, Allah SWT juga berfirman: “Celakalah bagi orang yang salat yaitu mereka yang lalai ketika salat,”

Dari kedua firman Allah SWT itu dapat diambil pengertian bahwa dengan selalu mengerjakan salat pada waktunya secara tidak langsung melatih diri untuk disiplin dan menghargai waktu. Karena  orang  yang suka lalai atau menunda nunda waktu salat maka akan celaka. Oleh karena itu, jika tidak ingin celaka mendirikanlah salat pada waktunya salat adalah keharusan.

Baca juga:   Oemar Bakri, Riwayatmu Kini

Author

Populer

Lainnya