31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Deklarasikan Janji Kinerja 2018

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah menggelar apel dan deklarasi  janji kinerja 2018 di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Senin (8/1).

Apel dan janji kinerja 2018 tersebut diikuti oleh pejabat dan seluruh pegawai Kemenkumham Jawa Tengah dan dilaksanakan di seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham di Indonesia secara bersamaan.

Deklarasi tersebut dibacakan dan diikuti oleh seluruh pegawai dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) oleh Kepala Kanwil Kemenkumham dan Kepala Divisi di Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Ibnu Chuldun mengatakan janji kinerja ini merupakan komitmen yang tidak hanya sekedar diucapkan. “Tetapi juga harus diimplementasikan dalam berkinerja di 2018,” katanya.

Ada lima deklarasi yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam sambutannya. Pertama 2018 merupakan tahun politik sehingga aparatur sipil negara harus netral dan bebas dari paham politik manapun. Kedua Indonesia akan menyelenggarakan agenda internasional Asian Games dan IMF, karenanya menginstruksikan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melakukan koordinasi terkait agenda yang akan dihadiri warga negara asing.

Ketiga harus ada satuan kinerja atau UPT di lingkungan Kemenkumham yang berhasil meraih WBK atau WBBM. Keempat menggandeng Ombudsman kembali melakukan evaluasi dan meningkatkan dua hal di bidang imigrasi dan pemasyarakatan. Kelima fokus kepada pelaksanaan tugas fungsi dengan memperhatikan output, outcome, dan impact yang dihasilkan.

Sedangkan untuk fokus pembenahan kinerja di Kemenkumham Jawa Tengah lanjutnya, akan lebih meningkatkan dalam pelayanan publik. “Kita termasuk kantor wilayah yang banyak berprestasi namun kita akan berfokus lagi dalam hal meningkatkan pelayanan publik,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ibnu mencontohkan pelayanan peningkatan publik yang dilakukan adalah pelayanan paspor simpatik yang dilakukan di salah satu mal di Surakarta dan di Car Free Day (CFD) Simpanglima Semarang. (hid/ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here