Beranda Features Kirab Alquran Raksasa, Libatkan Santri Tiga Ponpes

Kirab Alquran Raksasa, Libatkan Santri Tiga Ponpes

Ketika Warga Kauman Deklarasi Kampung Alquran

Others

RADARSEMARANG.COM – Sejumlah kampung tematis berdiri di Kota Semarang. Tapi, kampung tematis satu ini beda. Kampung Kauman, Semarang Tengah, mendeklarasikan sebagai Kampung Alquran. Seperti apa?

ADENNYAR WYCAKSONO

HARI masih pagi. Udara masih terasa dingin. Namun sedikitnya 700 warga Kauman, Semarang Tengah bersama santri dari tiga pondok pesantren di sekitar Masjid Agung Semarang sudah turun ke jalan. Mereka menggelar kirab sekaligus deklarasi Kampung Alquran.

Kirab melewati Jalan Pahlawan, Simpang Lima, Masjid Raya Baiturrahman, Jalan Gajahmada, Jalan KH Wahid Hasyim dan finish di Masjid Agung Kauman. Para santri juga mengarak Alquran raksasa berukuran 2,4 meter x 2,4 meter yang dibuat warga Kauman Semarang. Selain itu, juga dimeriahkan penampilan marching band Arimbi.

“Saat ini, pemerintah kota gencar membuat kampung tematik, kami ingin Kauman menjadi Kampung Alquran,” kata Pengurus Majid Agung Kauman Semarang, Muhaimin, yang juga tokoh masyarakat Kauman.

Deklarasi Kauman sebagai Kampung Alquran dinilai sangat tepat, di mana di sekitar Masjid Agung Kauman ada tiga pondok pesantren yang semuanya dihuni santri penghafal Alquran. Selain itu, di sekitar Kauman juga memiliki puluhan majelis taklim hingga taman pendidikan Alquran.

“Semua elemen masyarakat di sini kental dengan Alquran, selain itu ada juga warga yang memiliki usaha percetakan Alquran. Sehingga kami sepakat mendeklarasikan diri sebagai Kampung Alquran,”tuturnya.

Dikatakan, setelah menjadi Kampung Alquran, warga Kauman diminta menjunjung tingi nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci tersebut. Selain itu, juga mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari diri sendiri, keluarga, serta lingkungan sekitar.

Stay Connected

12,290FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here