Bus Demak dan Jepara Masih di Terminal Terboyo

3508
ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG Pemindahan terminal dari Terboyo ke Terminal Mangkang dan Penggaron hingga saat ini masih tahap simulasi. Masing-masing jurusan telah dipindahkan ke dua terminal, yakni bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dipindah ke Terminal Penggaron. Sedangkan untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dimasukkan ke Terminal Mangkang.

Dari sejumlah jurusan tersebut, ada dua jurusan bus AKDP yang belum dipindahkan, yakni Demak-Semarang dan Jepara-Semarang. Untuk sementara, kedua jurusan ini masih tetap di Terminal Terboyo.

“Kewenangan pengelolaan bus AKDP dikelola provinsi, dan AKAP dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Surat keputusan pemindahan sudah dikeluarkan sejak 1 Desember 2017 lalu. Saat ini, sudah pindah, kecuali (bus) Demak dan Jepara,” kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Semarang, Suyatmin, Jumat (5/1).

Tetapi ada pembagiannya untuk bus AKDP eksekutif dimasukkan di Terminal Mangkang, sedangkan untuk bus AKDP ekonomi seperti bus jurusan dari Solo masuk di Terminal Penggaron.

“Sebetulnya hingga saat ini masih tahap simulasi. Dari simulasi tersebut selanjutnya akan dilakukan analisis dan evaluasi. Misalnya, simpul-simpul kemacetan lalu-lintas di ruas mana,” terangnya.

Kendala saat ini, terkait bus adanya penambahan jalur. Maka, otomatis trip masing-masing bus juga semakin panjang. “Misalnya, bus dari jurusan Surabaya yang tadinya masuk Terminal Terboyo, saat ini dimasukkan ke Terminal Mangkang. Sehingga tripnya bertambah panjang. Ini akan dievaluasi dengan mengutamakan keselamatan penumpang,” katanya.

AKDP jurusan Demak-Semarang dan Jepara-Semarang memang belum disimulasikan, sehingga sementara ini masih berada di Terminal Terboyo. “Ke depan harus dipindah ke Penggaron. Mengenai jalur, semua bus AKDP-AKAP masuk di jalan tol. Sehingga tidak mengganggu lalu-lintas di Kota Semarang,” ujarnya.