28 C
Semarang
Minggu, 13 Juni 2021

Gus Yusuf: PKB Harus Tempati Posisi Wakil

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengincar poisisi wakil gubernur pada Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Entah menjadi wakil Sudirman Said, calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), atau poros tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jateng, Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf menjelaskan, sesuai instruksi dari Ketum, Muhamimin Iskandar (Cak Imin), PKB minimal Jateng 2. “PKB harus jadi wakil. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada kader PKB yang telah berjuang selama lima tahun ini,” tegasnya ketika dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (4/1).

Saat ini, pihaknya terus menjalin komunikasi poilitik dengan PDIP serta koalisi pengusung Sudirman Said, yakni Partai Gerindra, PAN, dan PKS. Entah di tingkat provinsi, atau DPP. “Untuk kepastian akan dengan poros mana, masih menunggu keputusan dari DPP,” imbuhnya.

Diakui, beberapa waktu lalu, Sudirman Said berkunjung ke kediaman Gus Yusuf untuk menawarkan posisi wakil. Tapi, Gus Yusuf belum bisa memberikan kepastian karena tidak berani melompati keputusan DPP.

Mengenai nama yang akan diajukan, lanjutnya, juga masih menunggu keputusan DPP. Entah Marwan Jafar yang dulu sudah dideklarasikan, atau Gus Yusuf sebagai ketua DPW PKB Jateng.

Selain itu, PKB juga punya tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Pertama, tetap berkomunikasi dengan kyai sepuh, kemudian melakukan istiqarah, setelah itu dipadukan dengan peta lapangan. “Baru menentukan keputusan. Soal nama, masih diistiqarahkan. Ini kan malam Jumat, malam yang berkah. Semoga dapat wangsit dari langit,” harapnya.

Ditanya mengenai komitmen membidik poisisi wakil gubernur, pihaknya akan berupaya untuk membawa Jateng menjadi lebih baik. Juga menjaga kondusifitas Pilgub sebagai sarana pendidikan politik bagi masyarakat. “Kami berharap, Pilgub bisa menjadi perhelatan yang menggembirakan, bukan mencemaskan seperti yang kita khawatirkan,” tuturnya.

Dia pun berjanji bakal all out pada bursa Pilgub tahun ini. Bahkan poros pesantren sudah berkumpul dan sangat menginginkan ada figur dari PKB yang mewakili. “Pas masa kampanye besok kan Bulan Ramadan. Itu momen agama. Ruhnya agama, jadi mungkin takbirnya lebih mantap,” bebernya. (amh/zal)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here