32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Odong Odong Dilarang Beroperasi di Jalan Raya

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Satlantas Polres Demak bertindak tegas terhadap kendaraan modifikasi termasuk jenis odong-odong. Kendaraan yang memiliki gerbong untuk menampung penumpang sebanyak-banyaknya mirip kereta api tersebut, dilarang beroperasi di jalan raya. Selain melanggar aturan lalulintas, juga membahayakan nyawa penumpangnya jika terjadi kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Pelarangan ini diberlakukan sebagai tindak lanjut evaluasi atas kejadian tabrakan antara mobil Isuzu Elf dengan odong-odong beberapa waktu lalu di Jalan Sultan Hadiwijaya, Kota Demak. Kejadian yang menelan korban jiwa dan puluhan penumpang luka-luka ini, menjadi peringatan keras bagi pemilik odong-odong lainnya.

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo melalui Kasatlantas AKP Christian J Lolowang mengatakan bahwa pihaknya dua hari terakhir melakukan operasi odong-odong di Jalan Raya Kota Demak. Hasilnya, sejumlah odong-odong berhasil diamankan. “Kami tilang dan sita,” katanya, kemarin.

Menurutnya, semua kendaraan modifikasi tersebut tidak memiliki kelengkapan surat sesuai aturan lalulintas. Selain itu, tidak diuji tipe kendaraannya serta tidak ada jaminan keselamatan terhadap penumpangnya. Mestinya, untuk kendaraan modifikasi diuji dulu tipenya, baru didaftarkan ke bagian Samsat untuk pengurusan surat-surat kendaraan. “Yang lalu bisa beroperasi. Tapi, kebijakan sekarang sudah tidak bisa lagi, harus sesuai aturan yang berlaku. Yang masih ditoleransi adalah odong-odong beroperasi di kampung-kampung. Untuk yang di kawasan wisata harus ada izin dari pemerintah,” ujar Kasatlantas.

Sementara itu, penggalangan dana untuk korban tabrakan Elf dan odong-odong oleh Ikatan Pemuda dan Pemudi Weding (IPPW) hingga kemarin masih berlangsung. Aktivis IPPW Desa Weding, Irul mengatakan, untuk sementara donasi dari penggalangan dana yang masuk baru sebanyak Rp 4 juta lebih. “Setidaknya, ini bisa membantu para korban lakalantas odong-odong,” katanya. (hib/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here