32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

WI Jateng Persiapkan Regenerasi

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pengporov Wushu Indonesia (WI) Jateng mulai mempersiapkan regenerasi atlet untuk menghadapi berbagai turnamen termasuk PON XX Papua 2020 mendatang. Pada Kejurnas senior-junior 2018 di Jakarta, Maret mendatang, WI Jateng akan menerjunkan muka baru di kategori senior. Ajang tersebut untuk mengetahui perkembangan atlet wushu provinsi ini.

”Meski muka baru, kami tentu tak asal menerjunkan atlet. Tentu yang sudah punya kemampuan matang saat masih berada di level senior. Hal ini untuk memberi kesempatan kepada mereka (atlet) guna menambah jam terbang dan pengalaman bertanding, sehingga nantinya akan jauh lebih siap,” tutur Ketua Harian WI Jateng Sudarsono.

Apalagi pada 2019, akan menghadapi babak kualifikasi PON XX. WI Jateng tak mau hanya bertumpu pada atlet-atlet senior sekarang ini. Sudarsono mengatakan, sudah saatnya untuk mempersiapkan atlet jauh-jauh hari. Program 2018 ini sebagai pijakan awal menghadapi pra-PON dan PON XX itu sendiri. Rantai prestasi yang cukup bagus selama ini tak terputus.

”Pada kejurnas nanti, tidak ada target tertentu bagi Jateng. Kami lebih menekankan untuk melihat potensi atlet wushu (taolu dan sanda) sebagai proyeksi PON XX Papua 2020 nanti. Harus diakui tantangan di Papua nanti jauh lebih berat baik segi persaingan maupun medan. Kami harus mengantisipasi sejak sekarang,” tutur dia.

Tentunya pada ajang kejurnas nanti, WI Jateng akan memantau perkembangan atlet daerah lain.  Ini semua sebagai bahan dasar program dan strategi menuju PON mendatang. ”Banyak sasaran yang harus kami capai pada 2018 ini. Selain peningkatan prestasi, kami juga berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM wushu seperti pelatih, wasit, dan juri,” kata dia.

Program peningkatan SDM juga menjadi mata agenda penting bagi WI Jateng. Sebab semua elemen sangat berpengaruh pada peningkatan prestasi. (bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here