Beranda Berita Inflasi Jateng Sesuai Target

Inflasi Jateng Sesuai Target

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Inflasi Jawa Tengah sepanjang tahun 2017 mencapai 3,71 persen. Angka tersebut sesuai dengan program pemerintah yang menargetkan inflasi tahun lalu berada di kisaran 3-5 persen.

“Pemerintah sudah memiliki skenario pembangunan dan tahun lalu inflasi masih dalam range target. Artinya upaya pemerintah dalam menekan inflasi cukup baik,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono, kemarin.

Namun demikian, sebagian besar penyebab inflasi di tahun 2017 cukup berbeda bila dibanding dengan pemicu inflasi di tahun sebelumnya. Untuk tahun 2016, penyebab inflasi rata-rata berasal dari bahan makanan. Sedangkan di tahun 2017 rata-rata berasal dari administative price yang ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintah.

“Tahun 2016 inflasi terutama dari bahan makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Nah, kalau di 2017 polanya berbeda, inflasi utamanya dipicu oleh tarif listrik, biaya administrasi perpanjangan STNK serta bensin,” ujarnya.

Sedangkan untuk Desember, inflasi Jawa Tengah mencapai 0,71 persen. Beberapa penyebab inflasi diantaranya kenaikan harga kelompok bahan makanan, utamanya telur ayam ras yang juga menjadi pemicu utama inflasi di Desember tahun lalu.

“Informasi dari pemerintah, stok telur ayam ras cukup. Hanya saja, karena desakan konsumen akan kebutuhan yang cukup tinggi khususnya di hari raya, meskipun harga cukup, pedagang tetap menaikkan harga,” ujarnya.

Selain telur ayam ras, beberapa komoditas juga menjadi pendorong laju inflasi. Diantaranya beras, cabai merah, daging ayam ras dan cabai rawit. Sedangkan harga bawang merah, tarif pulsa ponsel, bawang putih serta gula pasir menahan laju inflasi. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,293FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Related News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Penantian D-dimer