Menggagas Anak Inklusi Bersekolah di Umum

spot_img

RADARSEMARANG.COM – SIAPA yang ingin mempunyai anak berkebutuhan khusus? Seakan banyak orang tua merasa kecewa dengan kehadiran buah hati yang ternyata adalah anak yang “kurang”. Karena dalam lingkungan keluargapun, anak yang berkebutuhan khusus tersebut juga mendapat perilaku yang berbeda.

Alangkah indahnya, jika sekolah umum bersedia menerima anak-anak yang berkebutuhan khusus tersebut. Sehingga bisa mengangkat derajat mereka, paling tidak martabat orang tua di lingkungan masyarakat. Alhasil, sekolah di Kota Semarang yang mendidik anak-anak berkebutuhan khusus patut diacungi jempol.

Secara umum pendidikan inklusi adalah pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan, dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa, untuk mengikuti pendidikan pembelajaran dalam satu lingkungan masyarakat umum.

Permendiknas Nomor 70, Tahun 2009, menyatakan bahwa kebijakan pendidikan inklusi merupakan suatu sistem penyelenggaraan pendidikan, yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang normal maupun yang memiliki kelainan atau berkebutuhan khusus, dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa, untuk mengikuti pendidikan pada suatu jenjang pendidikan tertentu secara bersama-sama.

Baca juga:   Terapkan Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Media Online

Dengan kenyataan tersebut, sekolah umum sudah semestinya menerima mereka anak inklusi untuk belajar di sekolah tersebut, tanpa membedakan mereka dengan yang lain. Sehingga mereka dapat mencapai kompetensi dan akhirnya bisa menyesuaikan atau bergabung ditengah masyarakat pada umumnya.

Author

Populer

Lainnya