24 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

1.150 Hektare Lahan Bersertifikat Organik

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID — Luas lahan pertanian organik di Kabupaten Magelang terus bertambah. Data Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang menyebutkan, saat ini luas area lahan organik mencapai 1.150 hektare. Seluruhnya sudah bersertifikat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Wijayanti mengatakan, lahan pertanian organik bersertifikat terus bertambah sesuai meningkatnya permintaan konsumen pangan sehat. Gaya hidup sehat membuat masyarakat terus menginginkan kualitas pangan organik yang lebih banyak.

Sekarang sudah ada di 650 hektare lahan organik di Kecamatan Sawangan, 174 hektare di Kecamatan Grabag, 194 hektare di Kecamatan Bandongan, 50 hektare di Kecamatan Tempuran, 25 hektare di Kecamatan Kaliangkrik. ”Kami terus menambah jumlah lahan pertanian organik yang ada, kalaupun bisa seluruh lahan pertanian dapat dijadikan lahan organik,” ujar Wijayanti.

Menurutnya, jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan target yang ditetapkan untuk lahan pertanian organik hingga tahun 2019 mendatang yakni 850 hektare. Pihaknya pun menyasar lahan pertanian di kecamatan lainnya yang berpotensi dikembangkan menjadi lahan pertanian organik, dengan melihat ketersediaan dan kualitas sumber air, bibit tanaman, dan kesuburan lahan. “Kita lihat potensi irigasinya, jangan sampai agak sulit. Mata air yang ada pun harus berasal dari pegunungan, semuanya diperiksa,” ujarnya.

Pihaknya juga akan melakukan pendampingan kepada petani dalam mengembangkan lahan pertanian organik. Selain itu juga fasilitasi sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO). “Ada pendampingan karena biaya cukup mahal dan cukup sulit, kualitasnya akan tetap kami pertahankan karena sertifikasi ini juga ditinjau setiap dua tahun sekali,” tuturnya. (vie/ton)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here