MASIH ASRI : Susunan bebatuan di Curug Gamelan Desa Lebak Kecamatan Brigin menciptakan aliran yang sangat bagus untuk diabadikan melalui jepretan kamera. (Foto : Isntagram @curuglebak)
MASIH ASRI : Susunan bebatuan di Curug Gamelan Desa Lebak Kecamatan Brigin menciptakan aliran yang sangat bagus untuk diabadikan melalui jepretan kamera. (Foto : Isntagram @curuglebak)

RADARSEMARANG.COM, BRINGIN – Desa Lebak, Kecamatan Bringin, memiliki potensi wisata air terjun yang indah. Masyarakat setempat  menyebutnya curug Gamelan.

Sekretaris Desa Lebak, Ihya’ Ulumuddin, menceritakan, nama curug Gamelan karena pada waktu-waktu tertentu terdengar suara seperti gamelan.

Ihya' Ulumuddin (IST)
Ihya’ Ulumuddin (IST)

Curug Gamelan ini nampaknya bisa menjadi alternatif pilihan bagi para penikmat suasana alam dan penggemar swafoto. Susunan bebatuan dicurug ini mampu menciptakan aliran air yang bagus, menyajikan pemandangan menarik untuk diabadikan melalui jepretan kamera.

Ihya’ mengatakan, curug ini dikelola oleh masyarakat sekitar tanpa dikenai biaya masuk. Pengunjung yang datang hanya dikenai biaya parkir kendaraan. “Lokasinya pun tak jauh dari jalan poros desa, sehingga tidak sulit untuk menjangkau tempat ini,” kata Ihya’.

Pemerintah desa sebenarnya berkeinginan untuk mengembangkan potensi wisata ini lebih jauh, sehingga ke depan bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar.

Salah satunya dengan promosi yang akan terus dilakukan, baik melalui media sosial maupun dengan cara lainnya.

“Pemerintah desa saat ini sudah membuat website. Dari sini nanti akan kami kenalkan wisata Curug Gamelan ini kepada banyak orang, sehingga harapan kami akan semakin banyak pengunjung yang datang ke sini,” kata Ihya’.

Saat ini, di curug ini oleh warga sudah dibangun sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Fasilitas tersebut berupa MCK, tempat istirahat semacam gazebo, tempat permainan dan sejumlah fasilitas lainnya. (sga/zal)