Beranda Features Dipenjara Dua Bulan, Gaji dan Asuransi Diterima Utuh

Dipenjara Dua Bulan, Gaji dan Asuransi Diterima Utuh

Kisah Lusiana Oktavia Korban TKI Ilegal Malaysia

Others

RADARSEMARANG.COM – Kasus pemulangan 149 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kendal yang diberangkatkan oleh PT Sofia Sukses Sejati membawa cerita duka dan suka sekaligus. Inilah pengalaman salah satu korbannya.

BUDI SETYAWAN, Kendal

LUSIANA Oktavia, 21, tak pernah membayangkan betapa beratnya menjalani kerja sebagai TKI di Malaysia. Warga Desa Lanji RT 06/01 ini mengaku pernah ditahan dan dipenjara di Bukit Jalil selama dua bulan lamanya.

Alumni SMK 1 Kendal ini mengaku jika keberangkatannya ke Malaisya bermula ketika ia mendaftar TKI ke PT Sofia pertengahan 2015 silam. “Saya mendaftar untuk bekerja di sebuah perusahaan elektronik. Tapi dijelaskan oleh PT Sofia, jika perusahaan elektronik yang bekerja sama dengan PT Sofia masih lama menunggunya,” katanya, Senin (25/12) kemarin.

Ia juga diberikan penjelasan jika lowongan yang ada saat ini baru perusahaan peternakan sarang burung walet. Akhirnya ia menyanggupinya lantaran sangat ingin segera bekerja. Sesuai kontrak, ia akan ditempatkan di perusahaan bernama Grand Asia.

Tapi setelah sampai di Malaysia, justru ditempatkan pada perusahaan yang berbeda. Ia dipekerjakan di sebuah perusahaan Maxim Bird Nist. “Tapi sama-sama perusahaan sarang burung walet juga,” tuturnya.

Karena tak ada pilihan lain, ia pun menjalani pekerjaan di perusahaan tersebut. Selama lebih kurang 1,5 tahun ia bekerja tanpa masalah. “Tiba-tiba ada pemeriksaan dari polisi Malaysia. Kami berjumlah 149 dibawa ke kantor imigrasi,” jelasnya.

Usai diperiksa, ia dan 149 rekannya di perusahaan yang sama diangkut menggunakan bus dan dibawa ke penjara Bukit Jalil. “Disana kami ditahan karena dianggap ilegal. Padahal kami berangkat melalui jalur resmi. Tapi kata mereka, penempatannya tidak sesuai, sehingga dianggap ilegal,” tuturnya.

Ia pun menjalani hari-hari dengan tangis lantaran makanan yang seadanya dan ruang privasi terbatas. “Bos pemilik perusahaan juga ditahan, karena dianggap mempekerjakan tenaga ilegal,” katanya dengan tetesan air mata.

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here