32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Bulan Dana PMI Tak Penuhi Target

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pencapaian Bulan Dana PMI Tahun 2017 tak mampu memenuhi target yang ditetapkan. Dari target Rp 320 juta, hanya tercapai Rp 278 juta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang Kunadi mengatakan, perolehan bulan dana PMI tahun 2017 belum maksimal dikarenakan sejumlah hal. “Di antaranya perubahan struktur organisasi pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota atau perubahan regulasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/lembaga yang berimbas terhadap berkurangnya jumlah penyumbang di Kota Magelang,” jelas Kunadi.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI yang juga Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari mengatakan, dana yang didapat adalah hasil dari perjuangan seluruh panitia dan koordinator di sela-sela kesibukan dan dinamika tinggi dalam pekerjaan. “Berbagai upaya dilakukan sampai turun langsung ke lapangan untuk menambah hasil bulan dana. Mudah-mudahan ke depan hasilnya bisa lebih banyak dan maksimal,” kata Hendra.

Ketua PMI Kota Magelang Sukardi menjelaskan, hasil bulan dana bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemanusiaan dalam penanganan bencana yang bersifat lokal maupun nasional, pembinaan generasi muda Palang Merah remaja, kegiatan sukarelawan maupun pertolongan pertama sesuai ketentuan yg ada. “Sesuai petunjuk teknis PMI pusat, pemanfaatan bulan dana adalah 50 persen untuk program kemanusiaan, 30 persen untuk operasional dan 20 persen untuk lain-lain. Sedangkan penggunaan di Kota Magelang adalah 90 persen dimanfaatkan untuk kemanusiaan, operasional hanya menggunakan 6 persen, dan lain-lain hanya 4 persen,” jelas Sukardi. (cr3/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here