Hujan Deras, Bupati Tetap Buka Raimuna

1538
KEHUJANAN : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi rela kehujanan saat membuka acara Raimuna Cabang VIII tahun 2017, di Desa Doro, Kabupaten Pekalongan, Jumat (22/12) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KEHUJANAN : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi rela kehujanan saat membuka acara Raimuna Cabang VIII tahun 2017, di Desa Doro, Kabupaten Pekalongan, Jumat (22/12) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Meski hujan deras menguyur Lapangan Winduaji, Desa Doro Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Bupati Pekalongan, Asih Kholbihi, selaku Kamabicap Gerakan Pramuka tetap semangat menjadi inspektur upacara. Dengan baju pramuka yang basah kuyup, bupati tetap bertahan dalam upacara pembukaan Raimuna Cabang VII tahun 2017, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, Jumat (22/12) kemarin. Tanpa menggunakan payung atau jas hujan, di tengah guyuran hujan deras, Bupati Asip mengelilingi barisan peserta Raimuna Cabang 2017.

Menurut Bupati Asip, kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar sekolah dan keluarga dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis dan dilakukan di alam terbuka. Dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan, sasaran akhirnya adalah pembentukan karakter yang berakhlak mulia dan mampu mandiri, sehingga siap menghadapai tantangan zaman.

“Kepramukaan diselenggarakan, dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, disesuaikan dengan titik berat pembinaan dan perkembangan jiwa peserta didik di masing-masing golongan,” katanya.

Menurutnya, masa usia pramuka penegak dan pandega adalah masa yang penuh emosi, belum stabil, dan mudah berubah. Masa berkembang dan semangat hidupnya masih dipengaruhi oleh lingkungan. “Masa–masa usia itulah, perlu adanya pola pembinaan dan pendidikan karena semangat dan emosinya masih sangat tinggi,” kata Bupati Asip.

Bupati Asip juga menegaskan bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan memberikan pendidikan dan pembinaan melalui program pertemuan bagi anggota Pramuka golongan usia penegak dan pandega, Raimuna Cabang VII Tahun 2017. Harapannya, bisa menjadi pelopor dan pendorong dalam pembangunan masyarakat di sekitarnya.

“Kami berharap, anggota Pramuka Penegak dan Pandega memiliki daya cipta yang kreatif. Sehingga berkembang kecakapannya dalam mengelola organisasi, bertambah kemampuannya dan pengalaman kerjanya. Selain itu, bertambah tanggung jawabnya dan patuh memenuhi kewajibannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, negara dan dirinya sendiri,” harapnya. (thd/ida)