Difteri Serang Pasien Dewasa

  • Bagikan
dr Hapsari SpA (K) (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
dr Hapsari SpA (K) (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
  • Akibat Imunisasi Tidak Lengkap
  • 8 Pasien Dirawat di RSUP dr Kariadi

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG Sebanyak empat dari delapan pasien yang masuk dengan kasus suspect difteri di RSUP dr Kariadi Semarang dinyatakan positif. Pasien tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, bahkan tiga di antaranya merupakan pasien dewasa.

Dokter spesialis anak RSUP dr Kariadi, dr Hapsari SpA(k) menjelaskan, 8 pasien suspect difteri tersebut terdiri atas 5 anak-anak dan 3 dewasa. Sedangkan, untuk pasien yang positif difteri, yakni 1 dewasa, dan 2 anak-anak.

“Semuanya sekarang sudah pulang. Satu lagi positif, tapi meninggal, anak usia 4 tahun pasien rujukan dari Kendal,” ungkapnya di sela sosialisasi penyakit difteri untuk Staf RSUP dr kariadi, Kamis (21/12).

Pasien-pasien tersebut berasal dari Kabupaten Semarang, Boyolali, Kendal, Demak dan Magelang.

Hapsari menegaskan, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan menempatkan pasien di ruang isolasi dan memberi obat, termasuk pemberian Anti Difteri Serum (ADS).

Saat ini, lanjutnya, ada satu pasien anak-anak yang masih menjalani perawatan di RSUP dr Kariadi Semarang dengan kondisi awal saat datang adalah positif pengecatan. Pasien tersebut saat ini tengah menjalani terapi.

“Kemudian 2 pasien yang masuk pada Rabu (20/12) malam itu hasilnya negatif walaupun ada membran (selaput) juga,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *