32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

PAN Masih Buka Peluang Cagub Lain

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Meskipun sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mendukung calon Gubernur Jateng, Sudirman Said, PAN masih membuka peluang dukungan terhadap calon lain. Partai berlambang matahari itu mengatakan jika dukungan masih bisa berubah.

Demikian dikatakan Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi PAN Yayuk Basuki disela dialog interaktif di Auditorium Universitas Islam Slamet Sri (Uniss) Kendal, Rabu (20/12). Dialog berajuk ‘Peran Mahasiswa dan Pemuda Menuju Indonesia Emas Dalam Bidang Pendidikan dan Olaharga’ itu dihadiri 500 mahasiswa.

Yayuk mengatakan jika partainya masih membuka peluang koalisi dengan parpol lain selain Gerindra. Pun untuk dukungan cagub dan cawagub, PAN masih membuka dukungan ke parpol lain.“Saat ini memang PAN sudah mendukung Cagub Sudirman Said. Tapi sampai saat ini surat rekomendasi partai juga belum turun. Itu artinya, masih ada banyak peluang dan kemungkinan PAN untuk membentuk koalisi dan dukungan,” kata mantan atlet tenis Nasional itu.

Menurutnya, jika PAN sebelum memberikan dukungan kepada Sudirman Said juga telah membuka komunikasi dengan PDIP dalam Pilgub. Tapi saat ini masih mengambang, PAN masih belum mendapatkan respon.

“Hal itu wajar, karena PDIP di Jateng ini bisa mengusung pasangan calon, yakni cagub dan cawagub sendiri tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. Namanya politik pasti banyak lobi-lobinya, jadi kemungkinan berubah sewaktu-waktu itu tentu bukan hal tabu,” tandasnya.

Lebih lanjut Yayuk mengatakan jika bisa saja nanti PAN juga mengusung calon sendiri baik calon untuk Cagub maupun Cawagub. Namun melihat peluang kursi yang kecil, PAN bisa saja mengusung cawagub untuk disandingkan dengan cagub dari parpol lain. “Apalagi sekarang ini Sudirman Said belum ada calon wakil,” tambahnya.

Perihal acara dialog interaktif, menurutnya sekarang ini pemuda perlu dibangkitkan semangatnya untuk lebih aktif. Karena sekarang ini pemuda Indonesia lebih banyak pasif dan sibuk dengan media sosial semata.

“Caranya dengan diberikan motivasi. Sebab tipe pemuda itu lain-lain, ada yang aktif dan pasif. Nah yang pasif ini lebih banyak, cara membuat aktif salah satunya terus dimotivasi diberikan pengalaman sehingga memiliki semangat juang,” tuturnya. (bud/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here