32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Dakwaan dan Tuntutan Sama, Vonis Berbeda

Jaksa Ajukan Banding Kasus Akpol

Kuasa hukum Christian Atmadibrata Sermumes, Aris Bongga Salu, mengaku sudah mengetahui kalau jaksa melakukan upaya banding. Ia menilai, jaksa banding karena putusan majelis hakim tidak sampai 2/3 dari tuntutan jaksa. Namun demikian, menurutnya, semua itu kewenangan jaksa. Sehingga pihaknya akan mengajukan memori banding berupa kontra memori.

Ia mengaku pada awalnya kliennya sudah menyatakan pikir-pikir, namun setelah koordinasi dengan keluarga langsung menerima. “Memang awalnya tidak menerima, karena dalam dakwaan dan tuntutan dengan terdakwa lain sama, tapi klien kami divonis paling tinggi. Kemudian setelah dipertimbangkan keluarga, klien kami menerima putusan tersebut,”kata Aris kepada koran ini.

Aris mengaku, atas putusan majelis hakim yang dipimpin Antonius Widijantono itu, dirinya sempat memendam kekecewaan. Karena kliennya dikecualikan sendiri putusannya. Hanya saja, sebagai penasehat hukum, pihaknya tidak bisa menilai apakah cuma kliennya sendiri yang dikorbankan atau dikambinghitamkan atas pertimbangan majelis hakim dalam kasus tersebut.

“Yang bikin kecewa pengajuan berkas peradilan, karena itu tadi dakwaan dan tuntutan ke terdakwa sama (4 terdakwa, Red), termasuk jeratan pasal dan kesaksian di pengadilan sama. Tapi, anehnya putusan hakim ke klien kami beda sendiri,”keluhnya.

Seperti diberitakan Jawa Pos Radar Semarang sebelumnya, majelis hakim PN Semarang yang dipimpin Casmaya didampingi dua hakim anggota, yakni Edy Suwanto dan Suparno, manjatuhkan pidana penjara enam bulan penjara kepada 9 terdakwa. Sedangkan satu terdakwa Rinox, oleh majelis hakim yang dipimpin Abdul Halim Amran didampingi dua hakim anggota, yakni Manungku Prasetyo dan Pudji Widodo mengganjar hukuman 7 bulan penjara.

Berbeda dengan terdakwa Christian yang divonis pidana selama 1 tahun. Sedangkan hukuman yang lebih rendah dijatuhkan kepada tiga terdakwa lainnya, yang divonis pidana 6 bulan 20 hari. Keempatnya divonis majelis hakim yang dipimpin Antonius Widijantono. (jks/aro)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here