Beranda Jateng Banjarnegara Jumlah Pernikahan Dini Masih Tinggi

Jumlah Pernikahan Dini Masih Tinggi

Others

RADARSEMARANG.COM, BANJARNEGARA – Angka pernikahan di bawah umur atau pernikahan dini di Kabupaten Banjarnegara masih tinggi. Bahkan pada tahun ini, jumlah pernikahan di bawah umur mencapai 30 persen.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB P3A) Banjarnegara, Puji Astuti mengatakan, faktor pendidikan dan kemiskinan ikut berkontribusi pada pernikahan di bawah umur. “Kalau di desa-desa anak perempuan yang putus sekolah bingung mau apa? Biasanya dinikahkan,” ujarnya saat integrasi Kampung KB di Desa Dawuhan Kecamatan Madukara, Senin (18/12).

Penyebab lainnya yaitu karena calon pengantin perempuan biasanya sudah hamil, sehingga ketika mengajukan dispensasi nikah disetujui oleh Pengadilan Agama. Tingginya pernikahan di bawah umur menjadi salah satu penyebab Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematiam Bayi (AKB) di Banjarnegara.

Menurut dia, usia pernikahan menjadi salah satu indikator keluarga yang berkualitas. Sehingga pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pernikahan di bawah umur. “Kami terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, agar kesadaran masyarakat untuk tidak menikah dini meningkat,” papar dia.

Anggota Komisi IX DPR RI, Amelia Anggraini mengatakan, untuk menekan pernikahan dini, harus dilakukan edukasi secara intensif sehingga pemahaman masyarakat untuk menghindari pernikahan dini dan membentuk keluarga yang berkualitas meningkat. Terlebih, saat ini AKB dan AKI di Banjarnegara masih tinggi. “Perlu dilakukan edukasi secara luas dan terus-menerus bahwa Keluarga Berencana tidak hanya soal dua anak cukup. Namun juga perlu adanya penekanan untuk membentuk keluarga yang berkualitas,” lanjutnya. (drn/jpg/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,293FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Related News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Penantian D-dimer