31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Ormas Islam akan Ikut Jaga Gereja

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Pemkot Salatiga dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Salatiga menjamin puncak perayaan Natal dan tahun baru akan berjalan aman. Seluruh elemen masyarakat ikut mengamankan, termasuk ormas Islam yakni Banser dan HMI.

“Saudara kami dari Banser dan HMI siap turun untuk mengamankan perayaaan Natal agar umat Kristiani tenang dalam beribadah. Ini wujud toleransi antarpemeluk agama di Salatiga. Kami optimistis Salatiga aman dari gangguan,” tandas Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, Selasa (19/12) siang.

Dijelaskan Haris, Pemkot Salatiga, Polres Salatiga dan Kodim 0714 Salatiga sudah melakukan banyak langkah dan antisipasi untuk menjaga keamanan kota saat perayaan Natal 2017 dan malam tahun baru 2018. Sebanyak 91 gereja akan dijaga polisi dibantu TNI, Satpol PP maupun ormas Islam.

Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat maupun tokoh agama untuk menjaga Kota Salatiga saat perayaan Natal dan malam tahun baru. “Semua pengamanan akan dilakukan aparat di seluruh gereja yang ada di Salatiga. Isu apapun, tetap kami waspadai untuk menjaga keamanan. Kami mengumpulkan tokoh agama dan pimpinan umat beragama berkumpul bersama menyepakati bersama menjaga Salatiga,” jelas Kristanto.

Sementara disinggung mengenai arus lalu lintas, Kristanto menyatakan jika kota Salatiga sudah sangat siap jika nanti ada lonjakan arus di libur panjang ini. Kendaraan besar nantinya akan diarahkan melalui jalan lingkar Salatiga (JLS). (sas/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here