31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Bupati Buka Diklatsar Banser

BATANG – PKD dan Diklatsar Banser Angkatan XXX GP Anshor Kabupaten Batang kembali digelar. Diklat dilaksanakan di wilayah PC Gringsing, tepatnya di desa Kebondalem Kecamatan Gringsing. Bupati Batang Wihaji menyempatkan diri untuk membuka secara remsi acara tersebut, pada Jumat (15/12).

Diklat ini rencananya berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Desember 2017, dengan latihan materi dasar yang akan diisi oleh para instruktur yang sudah berpengalaman dan diikuti oleh sekitar 150 peserta dari Kecamatan Gringsing, Bawang, dan Kandeman. Selain itu pelatihan juga diisi dari unsur Koramil 03 Gringsing, Polsek Gringsing dan Rescue Batang.

Kasatkoryon Banser Gringsing Faizin GZ mengatakan, pengkaderan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh GP Anshor untuk mencetak anggota Banser yang menjunjung tinggi agama, militan, siap diterjunkan kapan saja dan dimana saja serta cita NKRI.“Latihan kali ini lebih banyak praktik lapangan dan bisa dikatakan lebih berat dibanding Diklatsar sebelumnya dengan materi yang juga lebih padat,” kata Faizin.

Bupati Batang Wihaji yang juga kader Banser dalam wejangannya kepada calon Banser, mengatakan bahwa tugas Banser adalah menjaga agama dan cinta tanah air, diantara semua ormas Islam yang ada di Indonesia, pengkaderan Banser adalah yang terbaik.

“Banser juga yang konsisten membela tanah air. Ideologi yang bertentangan dengan Pancasila harus kita waspadai dan antisipasi sedini mungkin. Tantangan kita sekarang adalah penyalahgunaan teknologi. Untuk itu sebagai anggota Banser yang modern kita juga harus menguasai teknologi dan menerapkannya untuk kegiatan positif,” kata Wihaji.

Camat Gringsing Rusmanto mewakili Muspika menambahkan, Banser dikenal laus karena kemampuan dan cara penyelesaian masalah yang lebih mengedepankan pendekatan kemanusiaan dan menghindari kekerasan.“Banser sudah punya nama besar, dalam menyelesaikan berbagai masalah. Salah satunya dari Rayon Gringsing, yang terkenal sampai Papua,” ujarnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kasatkoryon Banser Gringsing Faizin GZ, yang mana selama ini Banser Rayon Gringsing sering ditugaskan ke berbagai daerah di Indonesia. Dari pulau Jawa hingga Papua, otomatis, banyak yang mengenali sepak terjang mereka selama ini. (han/sct/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here