24.9 C
Semarang
Rabu, 14 April 2021

Fokus Pembangunan Infrastruktur

Desa Bantal Kecamatan Bancak

spot_img
spot_img

BANCAK – Infrastruktur yang baik akan mendukung jalannya segala bentuk kegiatan di desa. Baik kegiatan pemerintahan, ekonomi maupun kegiatan lainnya. Itu lah yang menjadi dasar Desa Bantal untuk memfokuskan pembangunan infrastruktur.

Kades Bantal Hirsjam, mengatakan, fokus pembangunan saat ini membenahi akses desa. Bahkan biaya pembangunan dilakukan dengan dana desa.

Hirsjam (Ist)
Hirsjam (Ist)

“Masih banyak desa yang belum tersentuh pembangunan. Desa Bantal tidak dilalui jalan PU, sehingga semua jalan dibangun dengan dana desa secara bertahap mulai dari tahun 2015 lalu,” jelas Hirsjam saat dihubungi Jawa Pos Radar Semarang.

Selain pembangunan jalan, foskus lain pemdes adalah pembangunan sarana dan prasarana lain, seperti renovasi kantor kades dan sejumlah masjid. Terakhir, desa ini membangun masjid dengan biaya hampir mencapai Rp 1 miliar dengan swadaya masyarakat.

“Untuk yang masjid ini dari dana swadaya. Putra desa yang berhasil dalam merantau nyengkuyung pembangunan masjid di Dusun Gunung ini,” bebernya.

Pembangunan masjid di rasa penting mengingat penduduk desa ini seluruhnya adalah muslim. Dengan tersedianya sarana ibadah, selain dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan ibadah juga digunakan untuk menimba ilmu agama.

“Kalau sore digunakan untuk madrasah. Belajar mengaji,” tandasnya.

Selain masjid, gedung-gedung sekolah seperti SD dan madrasah juga tak luput dari fokus pembangunan desa ini. Dengan gedung yang memadahi diharapkan proses belajar mengajar juga dapat berlangsung dengan lancar.

Meskipun pembangunan menjadi fokus utama, Pemdes Bantal tidak lantas melupakan bidang lainnya. Di bidang pertanian, pemerintah desa terus mendorong agar hasil pertanian bisa semakin meningkat. “Di desa ini ada 4 kelompok tani. Kelompok tani ini dibina dari kecamatan. Ada sejumlah program untuk meningkatkan hasil pertanian ini,” tandasnya (sga/zal)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here