Kembalikan Logo Lama Kendal

324

KENDAL—Logo Kabupaten Kendal akan dikembalikan ke logo awal. Menyusul hasil kajian akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip Undip Semarang, melalui survei terhadap masyarakat Kendal.

Dari hasil kajian akademik sebagian besar masyarakat Kendal lebih memilih Logo daerah yang lama. Yakni logo yang berlaku sejak berdirinya Kabupaten Kendal sejak 1958-2011 sebagai simbol bagi Kendal.

Dari survei perbandingannya 7:3 masyarakat menginginkan logo Kendal dikembalikan lagi ke logo awal. Persentasenya mencapai 71,4 persen masyarakat menginginkan logo kembali. Dan hanya 27,6 persen atau sebagian kecil masyarakat yang menyatakan memilih logo daerah baru yang berlaku saat ini. Survei yang dilakukan Fisip Undip mengambil responden masyarakat Kendal dari berbagai latar belakang. Baik usia, jenis kelamin, pendidikan dan profesi.

Dosen Fisip Undip Semarang Teguh Yuwono mengatakan, kesimpulan ini dari hasil kesimpulan Forum Group Discussion (FGD). “Hasilnya memang lebih mengarah pada pendapat dan keinginan memberlakukan kembali logo daerah yang pernah berlaku sejak 1958 sampai 2011,” tuturnya.

Makanya, ia berharap hasil dari survei dan FGD ini Pemkab Kendal sesegera mungkin mengambil sikap. Yakni segera menidaklanjuti rekomendasi tentang perlunya kebijakan untuk memberlakukan kembali logo daerah yang pernah berlaku sebelumnya. “Tentunya melalui prosedur legal formal, melalui hukum ketatanegaraan yang berlaku di negara maupun Pemkab Kendal sendiri,” katanya.

Menurutnya, logo merupakan perlambang dan simbol yang mewakili seluruh kesatuan daerah. Oleh karenanya perumusannya harus komprehensif dan mewakili seluruh elemen daerah. Logo harus mempertimbangkan sejarah daerah,  perjalanan daerah saat ini dan masa depan yang ingin dicapai. 

Silakan beri komentar.