32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Generasi Muda Sasaran Narkoba

SEMARANG – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, mengajak seluruh elemen masyarakat ikut memberantas narkoba di Jateng. Sebab, saat ini narkoba telah menjadi masalah bersama. Pemerintah tidak cukup hanya dengan mengandalkan Direktorat Reserse Narkoba, dan BNN, tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

“Narkoba ini persoalan serius dan harus menjadi perhatian semua kalangan, apalagi sudah menyasar anak-anak muda,” katanya. Ia menambahkan, semakin maraknya peredaran narkoba menjadi perhatian serius DPRD Jateng. Apalagi, sekarang sasarannya sudah mulai masuk seluruh generasi muda dan dengan berbagai modus.

Dewan meminta agar penegak hukum bisa menggandeng tokoh masyarakat dan orangtua untuk mengantisipasi peredaran narkoba di Jateng. “Peredaran narkoba terus menjadi momok dan problem serius bangsa yang belum bisa diatasi,” ujarnya.

Kasus peredaran narkoba di Jateng sudah sangat mengkhawatirkan. Setiap tahun jumlah kasus selalu bertambah. Jateng turut menjadi salah satu daerah yang menjadi target peredaran narkoba. BNNP menyebutkan selama 2017 sudah 80 persen kasus peredaran narkoba bisa diungkap.

Dari kasus peredaran itu kebanyakan dikendalikan oleh narapida dari lembaga pemasyarakatan (lapas) seperti di Nusakambangan, Pekalongan, Kedungpane, Klaten, dan Sragen. Termasuk ada sejumlah kasus peredaran narkoba dikendalikan narapidana dari luar Jateng. “Jaringan mereka tidak terputus meski harus mendekam dalam penjara. Ini harus segera diputus agar persoalannya bisa diatasi,” tambahnya.

“Perlu ada gerakan secara menyeluruh untuk menyetop peredaran narkoba. Karena sudah mulai menyasar generasi muda di Jateng,” tambah Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono. (fth/ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here