Seru, Menghibur, dan Mendidik

444
MERIAH: Ratusan peserta Antangin Junior Sports Festival 2017 memadati lapangan sepakbola STO Unnes Semarang kemarin.
MERIAH: Ratusan peserta Antangin Junior Sports Festival 2017 memadati lapangan sepakbola STO Unnes Semarang kemarin.

SEMARANG – Event Antangin Junior Sports Festival 2017 digelar di lapangan sepakbola STO Unnes Semarang, Sabtu (9/12) kemarin berlangsung meriah. Gelaran festival olahraga ini, diikuti oleh ratusan siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Kota Semarang.

Nampak raut wajah gembira para peserta yang langsung menyerbu dan menjajal sejumlah hiburan permainan seluncuran dan game zone basket. Tak hanya itu, mereka juga terlihat penasaran dengan lapangan permainan Fussball dan Lari Cepat 1k serta Estafet.

Pertandingan yang pertama dimulai adalah senam untuk siswa TK selain lomba Senam Kesegaran Jasmani juga digelar lomba mewarnai. Terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan semangat para siswa yang ada di Lapangan Sepakbola STO Unnes itu.

“Acaranya bagus buat anak-anak, untuk melatih fisik gerakan motorik mereka. Kemudian sportivitasnya juga karena tanding ya. Mungkin ini bisa menjadi agenda rutin, dan macamnya bisa diperbanyak lagi,” ungkap Guru SD N 2 Sampangan, Joko Sattono kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Para siswa TK dengan penuh percaya diri dan secara dinamis beregu memamerkan gerakan-gerakan senam sesuai dengan ritme lagu. Tak jarang, beberapa peserta lupa dengan formasi barisan saat melakukan koreografi senam. Hal itupun menimbulkan gelak tawa dan membuat gemas penonton yang menyaksikan.

Salah seorang guru TK Islam Sampangan Ina Sri Sugiarti mengatakan, pihaknya mengapresiasi dilangsungkannya kegiatan ini. Pasalnya, ini menjadi kesempatan bagi para siswanya untuk bisa mengasah mentalnya supaya lebih percaya diri tampil di hadapan banyak orang.“Acaranya sudah bagus banget. Cuma memang butuh waktu untuk melatih anak,” paparnya.

Sementara itu tak jauh dari lapangan utama berlangsungnya acara, di Lapangan SD N 2 Sampangan menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan basket antar SD di Kota Semarang. Semula hanya ada 12 tim basket yang terdaftar, namun rupanya ada penambahan 2 tim menjadi total 14 tim.

Pertandingan Kids Basketball Competition dengan kategori mix ini berjalan dengan sangat seru dan ramai. Baik dari para peserta, guru maupun orangtua semuanya bersorak gembira memberikan dukungan pada para pemain yang ada di tengah lapangan. Sejumlah sekolah memang menurunkan dua tim sekaligus dalam ajang ini, yakni SD Terang Bangsa, SD Antonius 2, dan SD Corjesu.

Keseruan masih berlanjut hingga sore hari, agenda Workshop Positive Parenting diikuti puluhan orangtua juga berlangsung tak kalah meriah. Workshop Positive Parenting dengan tema Orang Tua Bijak di Era Teknologi ini di sampaikan langsung oleh psikolog anak, Ouys Alkharani. Ia menyampaikan beberapa hal yang harus diingat oleh para orang tua dalam mengontrol anak di era teknologi ini adalah dengan mendampingi saat anak menggunakan Gadget.“Kemudian batasi waktu bermain gadget atau internet, pendampingan yang baik sejak dini akan memberikan hasil yang positif bagi anak,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan dari pihak Antangin Deni Kristianto mengatakan bahwa kegiatan ini tentunya bertujuan untuk mewujudkan Anak Sehat, Nggak Gampang Sakit yang disesuaikan dengan slogan Antangin. “Antusias peserta cukup bagus di Semarang, kegiatan ini untuk anak anak lebih positif karena, karena dengan bergerak anak lebih aktif dan sehat,” ujar Deni didampingi General Manager (GM) Jawa Pos Radar Semarang, Riyadi. (tsa/bas)