PEMBANGUNAN JALAN: Seorang warga Desa Tanjung melewati jalan poros yang saat ini sedang dilakukan pembangunan.
PEMBANGUNAN JALAN: Seorang warga Desa Tanjung melewati jalan poros yang saat ini sedang dilakukan pembangunan.

BRINGIN – Desa Tanjung Kecamatan Bringin terus memberikan perhatian pada pembangunan jalan Desa. Sebab, jalan merupakan fasilitas umum yang dinilai sangat penting bagi warga untuk berkegiatan.

Beberapa jalan sudah dilakukan pembangunan, sementara yang kini sedang berlangsung pengerjaanya adalah jalan menuju kantor kepala Desa Tanjung. ”Nanti akan ke jalan-jalan yang lain juga. Karena memang untuk pembangunan jalan desa ini belum sepenuhnya rampung,” jelas Kumala Sari, Sekretaris Desa Tanjung kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kumala Sari (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Kumala Sari (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Sementara ini, jelas Kumala Sari, Pemerintah Desa memang sedang fokus pada pembangunan infrastruktur. Setelah selesai, pemerintah Desa akan beralih pada pembangunan sumber daya manusia melalui sejumlah pelatihan.

Beberapa pelatihan sebenarnya sudah sempat dilakukan, diantaranya ada pelatihan pembuatan produk usaha rumahan seperti pembuatan rambak, telur asin serta sejumlah produk lainnya. Namun, usaha ini masih terkendala dalam hal pemasaran. Ke depan, pemerintah Desa juga akan memberikan pelatihan pemasaran untuk mengatasi persoalan ini.

”Di sini juga ada usaha pembuatan tas. Berbagai macam tas dari segalam bahan kecuali kulit. Pembuatannya sesuai dengan pesanan. Tapi ini usaha yang memang sudah berkembang sejak dulu,” kata Kumala Sari.

Pelatihan nantinya juga akan diberikan kepada para remaja Desa. Sehingga para remaja yang selama ini bekerja di pabrik bisa membuka usaha sendiri, terlebih mampu mengembangkan usaha yang dapat menyerap tenaga kerja.”Di desa kami yang remaja banyak yang bekerja di pabrik karena memang rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani sama buruh pabrik,” kata dia.

Pemerintah Desa berharap, ke depan Desa Tanjung bisa semakin maju dengan kemudahan akses di desa. Selain itu, dengan pelatihan yang dilakukan diharapkan Sumber Daya Manusia di Desa Tanjung juga dapat semakin meningkat dari segi kualitas..

”Dari situ semua, kami berharap perekonomian bisa merasakan dampaknya. Dengan akses yang mudah dan SDM berkualitas kami semoga perekonomian di Desa sini juga semakin maju,” pungkasnya. (cr4/bas)