31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Portofolio Tingkatkan Motivasi Siswa Belajar IPS

KEBERHASILAN siswa dalam pembelajaran IPS tidak terlepas dari penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran IPS seperti yang telah diuraikan. Karena IPS merupakan integrasi dari beberapa disiplin ilmu, sehingga sering terdengar keluhan dari siswa bahwa pelajaran IPS terlalu sarat materi, bersifat kognitif dan hafalan sehingga siswa menjadi bosan.

Dari hasil pengamatan, salah satu penyebab kebosanan, kesulitan dan ketidaktertarikan siswa terhadap pelajaran IPS serta anggapan kurang pentingnya IPS dalam kehidupan sehari-hari adalah proses pembelajaran di dalam kelas. Guru masih tetap nyaman dengan metode konvensional (ceramah). Siswa kurang diberdayakan. Siswa sebagai pendengar dan hanya aktif membuat catatan. Guru aktif, sebaliknya siswa pasif. Kalau ada siswa yang aktif mungkin persentasenya rendah dibanding dengan keaktifan guru dalam pembelajaran.

Pengalaman belajar yang dirasakan oleh peserta didik adalah dengan mengerjakan tugas-tugas yang termuat dalam portofolio, di antaranya membuat rangkuman materi IPS, kliping yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPS, lembar tugas pembelajaran IPS, kumpulan lembar kerja siswa berupa hasil nilai ulangan harian IPS, lembar tugas pekerjaan rumah, pembuatan jurnal belajar dan refleksi akhir pembelajaran. Dengan tugas-tugas portofolio tersebut pengetahuan yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPS akan diperoleh secara utuh menyeluruh dan komperehensif serta keterampilan peserta didik akan terus digali dalam mengerjakan setiap tugas yang akan dijadikan bahan portofolio.

Dengan metode pembelajaran berbasis portofolio, peserta didik menjadi diberdayakan agar mau dan mampu berbuat untuk memperkaya pengalaman belajarnya (learning by doing). Selain itu juga mampu memberdayakan peserta didik dalam merekonstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan belajarnya. Peserta didik pun aktif merespons apa yang diberikan guru. Bahkan ada pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan guru, karena peserta didik menemukan permasalahannya sendiri secara langsung di lapangan. Melalui metode pembelajaran IPS berbasis portofolio pada akhirnya peserta didik akan proaktif dan mampu mengembangkan alternatif solusi yang dapat ditemukan malalui cara yang ilmiah.

Portofolio dalam dunia pendidikan dapat diartikan sebagai kumpulan karya peserta didik yang disusun secara sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari pembelajaran peserta didik di sekolah yang dilakukannya dalam kurun waktu selama peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran (Nahadi dan Cartono, 2007). Portofolio merupakan hasil kerja peserta didik baik di dalam kelas ataupun bisa juga hasil kerja peserta didik yang dilakukan di luar kelas.

Hasil portofolio, di antaranya, portofolio penampilan(show Portofolios) adalah bentuk yang digunakan evidence terbaik yang dikerjakan oleh peserta didik ataupun kelompok peserta didik. Portofolio dokumentasi (documentary portofolios) adalah bentuk yang digunakan untuk koleksi evidence peserta didik yang khusus digunakan untuk penilaian dalam portofolio dokumentasi.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here