31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Pelajar Pidato Antikorupsi

WONOSOBO—Bertepatan dengan Hari Antikorupsi Internasional 2017, Kejaksaan Negeri Wonosobo menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya, lomba pidato antikorupsi bagi pelajar SMA/SMK/MA. Lomba sekaligus dalam rangka sosialisasi dan menanamkan jiwa antikorupsi bagi generasi muda.

Terkait lomba pidato, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Wonosobo, Mukhamat Aria Rosyid, mengatakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal pencegahan korupsi. “Kegiatan ini merebutkan Piala Kajari.”

Kata Aria, generasi muda harus tahu mana kepentingan pribadi, kepentingan publik, dan kelompok. “Contohnya, ketika mereka terbiasa menyobek buku pelajaran, bisa jadi suatu saat mereka menyobek dokumen penting untuk menghilangkan barang bukti. Ini bahaya dan budaya ini harus kita tinggalkan.”

Aria melanjutkan, sosialisasi antikorupsi terus dilakukan untuk meminimalisasi tindak korupsi. “Sekecil apapun korupsinya, harus tetap diberantas dan itu bisa dimulai sejak dini.” Sosialisasi antikorupsi juga diberikan kepada perangkat desa. Hal itu dilakukan pada Kamis (7/12) lalu di Kecamatan Mojotengah. Materinya, sosialisasi dana desa dan permasalahan lain yang ada di desa. Terkait lomba pidato, diikuti 29 peserta. Tempatnya, di aula Kejari. Juara 1, atas nama Mila Ayanah (SMK I Wonosobo); juara 2, Eka Dewi Safitri (SMK II Wonosobo). Jawara 3, Linda Rumpoko (SMA I Sapuran). (ali/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here