32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

DPRD Jateng Baru Sahkan 11 Perda

SEMARANG – Menjelang akhir 2017, DPRD Jateng hanya mengesahkan 11 Peraturan Daerah (Perda). Padahal mereka punya 20 Raperda yang harus disahkan. Artinya, hanya ada sekitar 85 persen saja Raperda yang disahkan.

Dari 20 raperda yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2017, itupun ada empat raperda yang merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Karena pembahasan di tahun 2016 belum bisa tuntas kemudian dilanjutkan di tahun ini.

Sementara dari 11 raperda yang telah disahkan menjadi Perda, mayoritas merupakan perda yang mengatur tentang kepentingan administrasi internal pemerintahan. Contoh lainnya yang sudah disahkan pada Agustus lalu adalah Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Sekretaris DPRD Jateng, Indra Surya mengatakan, meski masih banyak raperda yang belum diselesaikan, diyakini sisa waktu yang ada dapat dimaksimalkan untuk melakukan pembahasan dan pengesahan. Dalam waktu dekat, akan segera disahkan dua lagi raperda yang kini pembahasannya sudah di tahap finalisasi.

“Kemungkinan dalam waktu dekat ada dua lagi yang akan disahkan, karena sekarang sudah finalisasi tinggal konsulatsi akhir di Kemendagri,” katanya, Selasa (5/12).

Menurutnya, kendalanya adalah ada raperda yang tidak bisa dilanjutkan pembahasannya karena aturan dari pusat berupa Peraturan Pemerintah (PP) belum ada. “Secara umum tidak mungkin jika prolegda diselesaikan 100 persen,” imbuhnya.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here