32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Manfaatkan Dana Desa untuk Infrastruktur

Desa Pagersari Kecamatan Bergas

UNGARAN – Infrastruktur saat ini merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat desa di Kabupaten Semarang. Tak terkecuali Desa Pagersari Kecamatan Bergas. Kades Pagersari, Rusdiyono mengungkapkan penggunaan Dana Desa (DD) saat ini diperuntukan pembangunan infrastruktur.

“Beberapa infrastruktur seperti jalan rabat beton, irigasi, sudah kita bangun mengunakan DD,” ujar Rusdiyono, kemarin. Saat ini pembangunan infrastruktur yang masih berlangsung jembatan penghubung antar dusun.

Rusdiyono (IST)
Rusdiyono (IST)

Sungai membelah beberapa dusun di Desa Pagersari. Sehingga kebutuhan pembangunan jembatan mendesak dilakukan. Salahsatunya yaitu di Dusun Pagersari Krajan. Pembangunan jembatan penghubung antara Dusun Pagersari Krajan dengan Dusun Siroto saat ini tengah dilakukan.

“jembatan itu kita prioritaskan dikarenakan kondisi jembatan aslinya sangat pendek. Sehingga kalau hujan lebat air tidak bisa mengalir dengan mudah sering airnya meluap ke rumah warga,” katanya.

Betonisasi penghubung dusun tersebut dan Dusun Siroto juga tengah dikebut. Akses jalan yang baik memang merupakan sebuah kebutuhan masyarakat setempat. Melalui betonisasi jalan di dusun tersebut, diharapkan akan mempermudah akses masyarakat setempat.“Di Dusun Siluah juga tengah kami lakukan betonisasi menggunakan DD,” ujarnya.

Selain betonisasi, pembangunan talud setinggi 2 meter sepanjang 400 meter di Dusun Siloah juga saat ini masih berjalan. Dengan adanya DD, menurutnya, sangat membantu pembangunan desa. Kebutuhan pembangunan infrastruktur dipermudah dengan adanya DD. “Khusus untuk pembangunan mushola kita anggarkan melalui ADD (Anggaran Dana Desa),” katanya.

Desa Pagersari sendiri terdiri dari enam dusun. Diantaranya Dusun Sigeni, Dusun Pagersari Krajan, Dusun Kebun Ombo, Dusun Siloah, Dusun Jelok, Dusun Siroto dengan jumlah APBDes mencapai Rp 1,1 miliar pada 2017 ini. (ewb/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here