Beranda Berita Laba Bersih Sebulan Rp 2,7 M

Laba Bersih Sebulan Rp 2,7 M

Pabrik Pil PCC di Semarang

Others

SEMARANG – Omzet pabrik pil Paracetamol, Caffeine, Caresoprodol alias PCC di Jalan Halmahera No 27 Karang Tempel, Semarang Timur sangat menggiurkan. Djoni, 38, pemilik pabrik tersebut mengaku mengeruk keuntungan bersih hingga Rp 2,7 miliar per bulan. Ia mengklaim baru tiga bulan menjalankan bisnis ilegalnya tersebut.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso yang kemarin (4/12) mendatangi TKP mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap dua pabrik pembuatan pil PCC ilegal di Semarang dan Solo. Selain menyita barang bukti, petugas mengamankan pemilik pabrik bernama Djoni di Semarang, dan Sri Anggono alias Ronggo di Solo.

“Kami amankan barang bukti 10 item. Yang sudah jadi (pil) siap edar sebanyak 13 juta butir,” katanya saat jumpa pers di lokasi penggerebekan Jalan Halmahera No 27, Senin (4/12).

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, sebelum digerebek, pabrik di Semarang memproduksi 9 juta butir pil PCC dalam setiap harinya. Djoni mengaku baru menjalankan bisnis ilegal itu selama tiga bulan. “Kalau ketangkap, bilangnya baru tiga bulan. Kalau kita telusuri, korbannya sudah banyak. Dimungkinkan sudah lama,” ujarnya.

Ia membeberkan, pemilik pabrik telah memiliki pangsa pasar atau agen-agen besar yang mayoritas berada di Kalimantan. Dalam buku catatan yang berhasil disita petugas, tertulis setiap pelanggan ada yang memesan 1 dus hingga 40 dus.

“Pelanggannya ada di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi. Satu orang ada yang pesan 50 dus atau 1 juta butir. Ini ada catatannya tidak bisa dipungkiri. Pemesannya ada yang berstatus haji. Ada yang namanya Aril. Rata-rata paling sedikit 2 koli. Ada 20 dus dan 40 dus,” katanya sambil membaca buku catatan milik Djoni.

Pil PCC yang disita ada yang berwarna kuning terbungkus plastik. Ini paket hemat yang dijual Rp 3 ribu per butir. Ada juga paket mahal warna putih pipih besar yang terbungkus aluminium foil. Per butir dijual seharga Rp 5 ribu- Rp 6 ribu.

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here