32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Pembelajaran Ekonomi melalui Lesson Study

SERING kali kita merasa khawatir, ketidaknyamanan bahkan ketakutan ketika mendengar kata supervisi atau observasi. Dalam benak kita muncul anggapan bahwa kita akan diamati, dinilai dan dievaluasi mulai dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai dengan proses pembelajaran di kelas.

Kekhawatiran dan ketakutan itupula yang penulis rasakan ketika penulis ditunjuk menjadi guru model dalam kegiatan Workshop Lesson Study for Lesson Community yang diselenggarakan oleh Universitas Muria Kudus pada 17 – 18 April 2017 lalu. Dalam benak penulis muncul ketakutan dan kekhawatiran tentang apa dan bagaiamana menjadi guru model yang akan diobservasi oleh banyak guru sebagai observer.

Mengajar ekonomi tidaklah semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Seorang guru ekonomi harus mampu mengajak siswanya aktif selama 3 jam pelajaran secara berturut- turut. Seorang guru ekonomi juga dituntut mendesain pembelajaran dengan menarik, konstektual karena mengajar dan belajar ekonomi hakekatnya adalah belajar tentang diri sendiri dengan berbagai cara dan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam. Kegiatan itu biasanya dilakukan oleh guru seorang diri.

Kekhawatiran tersebut hilang ketika penulis mengenal Lesson Study. Berkat bimbingan dan arahan dari Ketua Lesson Study Indonesia Dr Sumar Hendayana, PHd, penulis melaksanakan Lesson Study dan mengembangkan Lesson Study, sehingga penulis memperoleh kesempatan untuk sharing pengalaman pada Internasionatil Conference Of Lesson Study pada tanggal 14-16 September 2017 di Lombok Timur, NTB.

 Lesson Study adalah suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru secara kolaboratif. Fokus utama pelaksanaan Lesson Study adalah aktivitas siswa di kelas yang terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.

Menurut Sumar Hendayana, kegiatan Lesson Study ada tiga tahap, yakni Plan, Do and See. Pada tahap Plan (perencanaan) penulis bersama dengan guru yang tergabung dengan Lesson Study sebagai observer berkolaborasi untuk menyusun Lesson Design. Penyusunan Lesson Design tentang materi konsep dan pengelolaan koperasi diawali dengan menganalisis kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran: yakni KD (kompetensi dasar), cara membelajarkan siswa, fasilitas dan sumber belajar. Penulis dan observer mencari solusi dan mendesain kegiatan pembelajaran bersama- sama. Penulis sebagai guru model menyiapkan teaching material (media, lembar kerja dan evaluasi). Lesson Design ini penulis tulis di papan tulis dan akan digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan Open Class.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here