32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Mengantar Siswa Agar Menjadi Hebat

GURU yang hebat adalah guru yang bisa mengantar siswa menjadi hebat bukan guru yang merasa dirinya paling hebat. Agar siswa menjadi hebat, maka harus dibantu di dalam memahami diri (self understanding), menerima diri (self acceptance), mengarahkan diri (self direction), mengaktualisasikan diri (self actualization) dan mengevaluasi diri (self evaluation). Disamping hal tersebut, guru juga harus selalu membantu siswa agar bisa mencapai perkembangan diri yang optimal dan mandiri sehingga dapat berkembang secara efektif dan produktif.

Dalam usaha memahami diri para siswa harus dibantu sampai paham betul tentang untuk apa dia hidup, potensi diri yang dimiliki, minat, bakat, dan keahliannya. Di samping itu siswa juga harus dipahamkan tentang ciri-ciri kepribadian, pendidikan dan pekerjaan yang dicita-citakan. Tidak kalah penting siswa juga harus tahu kelebihan dan kelemahan yang dimiliki, berbagai hambatan yang menghalangi dalam meraih masa depan, kondisi kehidupan sosial ekonomi orang tuanya.

Setelah siswa mampu memahami diri, tindakan selanjutnya yang harus dilakukan guru adalah membantu siswa mampu menerima berbagai kelebihan dan kekurangan dirinya, Hal ini sangat penting bagi siswa sebagai bahan menentukan pilihan dan mengambil keputusan secara sehat dan bertanggungjawab. Harapannya, siswa mampu menyesuaikan diri secara dinamis dan konstruktif. Seringkali siswa merasa terlalu banyak kekurangan dalam dirinya sehinggga tidak mampu mencintai diri sendiri karena tidak pernah memandang sisi positif yang ada dalam dirinya.

Setelah mampu menerima, dirinya sesuai dengan yang sebenarnya, maka selanjutnya siswa harus dibantu untuk merancang kehidupan secara rasional dan realistis. sampai memperoleh peran-peran kehidupan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kondisi kehidupan sosial ekonomi orang tuanya serta sesuai dengan karakteristik kepribadiannya agar bisa membentuk pola-pola karir serta pola-pola kehidupan yang lain secara mantap dan bertanggungjawab, guru bukan mengintervensi.

Setelah membuat rancangan kehidupan secara bertanggungjawab sesuai dengan jati diri dan kepribadiannya, maka siswa diberi motivasi yang kuat untuk mengaktualisasikan dirinya sampai bisa mencapai perkembangan secara optimal. Perkembangan optimal yang dimaksud bukan sebatas tercapainya prestasi sesuai dengan kapasitas intelektual dan minat yang dimiliki, melainkan sebagai sebuah kondisi perkembangan yang memungkinkan Untuk mencapai kelancaran proses pengembangan diri secara utuh dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Dengan demikian pada saatnya siswa mempunyai pola perilaku dan pola hidup yang diharapkan. Guru juga harus membantu siswa agar mampu merencanakan pendidikan, pekerjaan dan kehidupannya sesuai dengan kemampuan, minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadiannya.

Guru harus selalu memfasilitasi perkembangan siswa untuk mencapai kemandirian, dalam wujud kemampuan memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan akhirnya diharapkan mampu merealisasikan dan mengaktualisasikan diri secara bertanggung jawab, sehingga mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupannya. Siswa juga harus selalu didampingi agar mampu melakukan evaluasi diri untuk mengalisis keefektifan kehidupannya agar mencapai KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) serta selalu terhindar dari KEST (Kehidupan Efektif Sehari-hari yang Terganggu).

Pada akhirnya siswa diharapkan selalu mampu untuk memahami diri secara objektif, menerima diri sesuai apa adanya, mengarahkan diri secara realistis, mengaktualisasikan diri sesuai jati dirinya, dan melakukan evaluasi diri secara terus-menurus, sehingga dapat merealisasikan keputusan dan pilihannya secara bertanggung jawab, dan akhirnya dapat mencapai perkembangan secara optimal serta dapat mencapai kebahagiaan, kesejahteraan dan keselamatan dalam kehidupannya, juga selalu mengalami pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan sepanjang rentang hidupnya secara rasional dan realistis. (*/aro)

Guru SMA Negeri 1 Magelang

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here