PKL di SMK, Bekali Lulusan Siap Kerja

spot_img

Deg-degan, dan penasaran. Itu yang dirasakan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejujuran (SMK), jelang praktik kerja lapangan (PKL). Bahkan orang tua pun ikut mencemaskan. Betapa tidak, selama 3 bulan berpisah dengan putra-putri mereka untuk terjun ke dunia kerja yang masih asing dan menuntut kesiapan mental yang tangguh. Kondisi demikian menjadi kenyataan yang harus disiapkan, baik oleh siswa maupun orangtua. Lalu bagaimana korelasi antara PKL dengan dunia kerja kelas?

SMK sangat erat kaitannya dengan dunia usaha atau dunia kerja. Keduanya merupakan pola kemitraan yang antara lain terwujud dalam program magang atau praktik kerja lapangan (PKL). Industri mempunyai peranan ganda dalam pelaksanaan PKL, yaitu sebagai tempat untuk mengenalkan kondisi dunia kerja sekaligus untuk tempat praktik meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai kompetensinya`secara langsung.

Akan tetapi, kenyataannya masih banyak dijumpai ketidaksiapan siswa SMK dalam menghadapi praktik kerja lapangan / PKL. Siswa tidak percaya diri dengan kemampuannya untuk terjun ke dunia industri. Siswa merasa bahwa dirinya belum memahami sistem dan pola magang. Seakan-akan siswa berada di dunia asing baginya. Sehingga mereka harus maksimal dalam mempersiapkan diri jelang PKL.

Baca juga:   Pembelajaran dengan Model RADEC Tingkatkan Skill IPA

Pada minggu-minggu awal, siswa masih belum bisa menanamkan rasa disiplin yang ada pada dirinya. Selain itu, siswa juga keberatan dengan kerja keras yang tinggi serta tanggung jawab yang kurang. Mereka belum terbiasa untuk bekerja dengan ritme yang sangat berbeda dengan dunianya di sekolah. Siswa cenderung kaku dan lama untuk beradaptasi. Padahal, ini awal merek amemahami sistem dan ritme kerja di perusahaan.

Praktik kerja lapangan (PKL) mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan diri siswa ketika memasuki dunia kerja nantinya. Praktik kerja lapangan memberikan siswa gambaran tentang dunia kerja secara nyata. Dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan, siswa cenderung memiliki kemampuan berbeda satu dengan yang lainnya. Ada siswa yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi, ada pula siswa yang cenderung mempunyai kemampuan yang lebih rendah. Siswa yang mempunyai pengalaman kerja yang tinggi akan mempunyai percaya diri yang besar terhadap kemampuan kerja yang dimilikinya.

Kesiapan sangat penting untuk memulai suatu pekerjaan. Dengan memiliki kesiapan, apapun dapat teratasi dan dikerjakan dengan lancar serta hasil yang jauh lebih baik. Dari pihak sekolah, upaya yang dilakukan untuk menyiapkan siswa menghadapi PKL diantaranya : Pertama, menyelenggarakan model pembekalan yang menarik. Pembekalan ini bertujuan untuk menanamkan sikap mental dan kepribadian peserta yang berkarakter siap. Penanaman sikap mental ini dengan model mendatangkan praktisi dari dunia industri langsung untuk berbagi pengalaman. Ini dapat mempengaruhi semangat siswa dalam belajar karena siswa akan mendapat gambaran nyata tentang dunia kerja dan persaingannya.

Baca juga:   Kolaborasi Sway dan Padlet Tingkatkan Kompetensi Menulis Se PrĂ©senter

Author

Populer

Lainnya