32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Wabup Sidak Sekolah Terindikasi Narkoba

KAJEN–Wakil Bupati (Wabup) Pekalongan, Arini Harimurti selaku Ketua Tim Koordinasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Pekalongan, melakukan sidak (inspeksi mendadak) di SMP 1 Karangdadap dan dilanjutkan ke SMK 1 Karangdadap, Selasa (28/11) kemarin. Tidak sendiri, wabup bersama Tim P4GN dan Polres Pekalongan, melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Pada SMP 1 Karangdadap, pembinaan dan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan dalam bentuk apel pagi dengan inspektur upacara Ketua Tim Koordinasi P4GN, Arini Harimurti. Kemudian masuk ke beberapa kelas dengan melakukan tes urine dengan mengambil sampel secara random. Termasuk penggeledahan pada tas bawaan siswa. Hasilnya nihil, tidak ada barang mencurigakan.

Wabup Arini menyatakan bahwa semua pihak perlu mengetahui tentang bahaya narkoba yang kini menjadi masalah seluruh bangsa. Dampaknya telah terasa hampir di seluruh sendi kehidupan.

Menurutnya, jumlah pengguna narkoba tidak sedikit, tercatat 1,5 persen dari total penduduk Jawa Tengah. Bahkan, sudah terdeteksi sebagai pengguna narkoba dan trendnya terus meningkat termasuk di Kabupaten Pekalongan.

“Kondisi tersebut, tentunya menjadi keprihatinan kita bersama. Harus secepatnya ditindaklanjuti, karena sasaran peredaran narkoba telah merata ke berbagai strata, baik ekonomi, pendidikan, maupun sosial tanpa mengenal usia, tempat maupun jabatan. Termasuk di dalamnya menyasar anak-anak pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa,” kata Wabup Arini mengingatkan.

Wabup Arini juga menuturkan bahwa penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya, membawa dampak luas dan kompleks. Salah satunya, adanya perubahan sikap, kriminalitas, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas secara drastis, bahkan banyak menyebabkan tidak kekerasan.

Karena itu, pihaknya mengharapkan agar semua pihak trut bergerak, bahu-membahu dan bekerjasama menyelamatkan bangsa ini dari jerat narkoba. “Khusus kepada siswa-siswi tercinta, saya berpesan jangan sekali-kali mengenal atau mendekati narkoba. Sekali kalian mengenal narkoba, akan sulit lepas dari jerat narkoba. Gunakan masa mudamu dengan hal-hal positif, jaga diri dan saling mengingatkan apabila ada kawan atau keluarga yang berpotensi bersentuhan dengan narkoba,” tutur Arini.

Sementara itu, saat melakukan sidak ke SMK 1 Karangdadap, tim P4GN melakukan tes urine terhadap 40 siswa, melalui sistem random sampling. Hasil tes langsung diumumkan pada saat kegiatan tersebut. Hasilnya, tidak ada siswa positif narkoba. (thd/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here