Bausastra Jawa di Smartphone, Permudah Belajar Bahasa Jawa

spot_img

Zaman sekarang siswa akrab dengan smartphone. Smartphone yang berarti telepon pintar. Smartphone dapat mempermudah dalam pencarian informasi. Aplikasi juga mudah untuk dipasang pada smartphone.Rachmad Hakim S mengemukakan bahwa aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur windows dan permainan (game), dan sebagainya. Aplikasi termasuk perangkat lunak yang terdapat dalam komputer maupun smartphone. Perangkat lunak tersebut mempermudah pengguna dalam menyelesaikan tugas yang dikerjakan. Perangkat ini bisa dimasukkan di komputer maupun smarthphone.

Bausastra Jawa adalah kamus yang menggunakan bahasa Jawa. Bausastra ini memuat kata-kata. Kamus ini digunakan untuk mencari kata-kata yang dianggap sulit dalam wacana. Kata sulit yang dimaksud adalah kata yang jarang digunakan dalam berkomunikasi.

Bausastra Jawa bisa berwujud aplikasi. Aplikasinya berbentuk aplikasi Bausastra. AplikasiBausastra dapat dipasang di smartphone. Aplikasi ini dapat diunduh di play store dan dapat diinstal di smartphone siswa.Aplikasi ini mempermudah dalam pencarian arti kata.

Aplikasi Bausastra adalah kamus Jawa yang berdasarkan Kamus Baoesastra Djawa karangan WJS Poerwadarminta dibantu CS Hardjasoedarma, J CHR Poejasoedira. Kamus ini dicetak oleh JB Wolter’s Uitgevers Maatchappij NV Groningen, Batavia pada 1939. Urutan aksara atau alfabet pada kamus ini tidak seperti alfabet aksara Latin, tetapi diselaraskan dengan keadaan pelafalan bahasa Jawa. Aksara tersebut adalah a-b-ch-d-j-dh-e(ê)-e-(f)-g-h-i-y-k-l-m-n-ny-ng-u-o-p-r-s-t-c-th-w-z.

Baca juga:   TTSM Alternatif Penilaian Pengetahuan Matematika Peserta Didik

Kata yang digunakan dalam aplikasi Bausastra adalah kata dasar (tembung lingga). Kata dasar merupakan kata yang masih asli dan belum ada perubahan, baik awalan, seselan, dan akhiran. Contohnya, kata kahanane. Kata ini merupakan tembung andhahan (kata yang sudah berubah karena ada penambahan akhiran). Kata dasarnya adalah kahanan yang mempunyai arti panggonan; kaanan.

Dengan pemanfataan secara maksimal Bausastra mobile di smartphone, maka diyakini pembelajaran Bahasa Jawa pada siswa SMA akan maksimal. Siswa sebagai generasi Z akan mudah beradaptasi dan mempergunakannya. Di sisi lain, pembelajaran berbasis smartphone ini harus didukung pula kecerdasan dan kepiawaian guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Sehingga pembelajaran kosa kata Bahasa Jawa dapat berhasil. (*/aro)

Guru Bahasa Jawa SMA Negeri 15 Semarang

Author

Populer

Lainnya