31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Persyaratan Berat, Calon Perseorangan Urung Daftar

SEMARANG – Pilgub Jateng kecil kemungkinan diramaikan calon perseorangan. Menjelang penutupan penyerahan syarat dan bukti dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilgub Jateng, sampai Minggu (26/11) pukul 16.00 belum ada pasangan balon yang mendaftar.

“Padahal kita sudah membuka pendaftaran melalui jalur perseorangan sejak 22 November sampai dengan 26 November dan akan ditutup malam ini (kemarin) pukul 24.00,” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo di lokasi pendaftaran, Hotel Semesta, Semarang.

Joko mengaku sebenarnya sudah ada dua orang yang melakukan konsultasi dan kemarin rencananya akan mengumpulkan atau mendaftarkan satu pasangan calon. “Tetapi sampai hari ini (kemarin), ketika petugas mengkonfirmasi, belum ada kepastian. Dan orang tersebut dari Jepara yakni pasangan Pak Mundi tetapi nama lengkapnya lupa. Makanya tetap kita tunggu hingga pukul 24.00,” katanya.

Untuk bakal calon melalui jalur perseorangan ini syaratnya yang paling berat adalah menunjukkan jumlah dukungan yakni sebesar 6,5 persen dari jumlah penduduk Jateng yang memiliki hak pilih. “Dan yang kita gunakan adalah Daftar Pemilih Tetap terakhir yakni DPT Pilkada 2015, 2017 serta DPT Pilpres 2014,” imbuhnya.

Adapun jumlah dukungannya adalah 1.781.666 orang dan bentuknya merupakan surat pernyataan yang dilampiri oleh fotokopi KTP sejumlah itu. Tidak hanya itu, tetapi dukungan itu harus tersebar di minimal 18 kabupaten/kota di Jateng.

“Mungkin persyaratan itulah yang paling sulit, karena memang 18 kabupaten/kota mencari dukungan tidak mudah. Kecuali kalau calon tersebut menyiapkan jauh sebelumnya. Katakanlah satu atau dua tahun yang lalu bisa tetapi kalau mendadak memang sulit mengumpulkan KTP sebanyak itu,” paparnya.

Sedangkan pendaftaran melalui partai politik katanya, akan dibuka pada minggu kedua bulan Januari 2018 dan pendaftaran itu dibuka selama lima hari.

Setelah dilakukan pendaftaran maka tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan kalau lolos maka akan ditetapkan pada 12 Februari 2018. (hid/ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here