Beranda Koran Desa Desa Penghasil Gula Kacang

Desa Penghasil Gula Kacang

Desa Wiru, Kecamatan Bringin

Others

BRINGIN – Desa Wiru Kecamatan Bringin terus berikan perhatian kepada para pelaku usaha kecil di wilayahnya. Bersama pendamping Desa, para pelaku usaha di Desa ini diberikan sejumlah pelatihan untuk membuat usahanya bisa lebih berkembang. ”Semua usaha kecil yang ada diundang untuk mengikuti pelatihan,” ujar Sekretaris Desa Wiru Ronni Yudianto saat ditemui di kantor Kepala Desa Wiru.

Di Desa yang mayoritas penduduknya adalah petani ini, terdapat sejumlah usaha kecil yang dijalankan oleh warga. Usaha-usaha tersebut diantaranya ada usaha pembuatan sirup jahe, kripik ubi, dan sejumlah usaha lainnya.

Sekretaris Desa: Ronni Yudianto. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Sekretaris Desa: Ronni Yudianto. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Dari sekian usaha tersebut terdapat satu usaha yang sudah cukup berkembang. Usaha ini menghasilkan makanan berupa gula kacang yang bahkan pemasarannya sudah merambah hingga luar pulau Jawa.

”Setau saya, yang Jawa Tengah sudah hampir merata. Ada juga yang ke Jawa Timur. Untuk yang ke luar Jawa, kemarin ada yang ke Bali,” kata Ronni kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain dengan promosi getok tular dari mulut ke mulut, untuk mengenalkan kepada masyarakat, produk olahan warga desa Wiru selalu diikutsertakan dalam pameran UMKM. Dengan harapan, produk hasil olahan warga bisa memiliki pasar yang lebih luas ketika semakin banyak orang yang mengenal dan meminati produk Desa ini.

”Nantinya juga akan diupayakan media promosi yang memiliki daya jangkau lebih luas lagi. Mungkin nanti akan memanfaatkan sistem informasi Desa. Jadi promosinya akan dilakukan melalui website,” jelas Ronni sembari menambahkan bahwa saat ini Desa Wiru sudah memiliki website namun belum dapat berjalan maksimal.

Astuti Muryani, pemilik usaha gula kacang dengan nama dagang Wardah ini mengatakan, fokus utamanya dalam memproduksi gula kacang ini adalah terus menjaga kualitas. Dalam hal ini dirinya harus memilih gula jawa yang benar-benar bagus dan asli demi menghasilkan gula kacang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,293FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Related News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Penantian D-dimer