31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Perekaman Data Penduduk Harus Maksimal

Jelang Pilgub Jateng 2018

SEMARANG- Menghadapi Pilgub Jateng 2018, validitas dan perekaman data kependudukan harus segera diselesaikan. Hal itu merupakan tanggungjawab pemerintah dan dinas yang terkait dalam penyelesaiannya.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono, mengatakan, untuk menghindari ketimpangan data pemilih pada pilkada sebelumnya, maka perekaman data dilakukan secara maksimal.

Pemilih pemula merupakan pemilih potensial. Karenanya, jika lebih baik dilakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. Selain itu, perlu pendataan ulang bagi warga yang sudah meninggal dan bekerja di luar kota. “Semua dilakukan agar DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan) terdata dengan baik dan antusiasme warga jelang Pilkada dapat meningkat,” katanya.

Politisi Golkar ini menambahkan, perekaman data tidak hanya berguna saat pilkada, tapi dapat digunakan dalam pelayanan lainnya. Ia berharap semua lapisan masyarakat bersama-sama mengawal Pilgub Jateng 2018 secara transparan dan tidak terpengaruh unsur SARA.

“Kami mengimbau pada jajaran dinas memberikan edukasi pentingnya perekaman data karena berguna dalam pengurusan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Selain untuk pilkada, perekaman juga berguna seperti mengurus pemindahan data penduduk hingga pelayanan kesehatan. Ia berharap semua lapis masyarakat dan jajaran dinas bersama mengawal pilkada agar berjalan transparan. “Kultur masyarakat Jateng yang guyub dapat menjaga keharmonisan dengan menghindari isu-isu SARA yang sedang berkembang,” katanya.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here