32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Loyo Akibat Andropause

Dokter Andi,  saya seorang pria usia 47 tahun. Saya dengar pria bisa mengalami andropause, apakah itu bisa dihindari? Saya ingin tetap bugar dan bisa berhubungan intim dengan istri

sampai usia tua. Sekarang ereksi saya seringkali kurang kuat dan kurang tahan lama. Gairah juga menurun. Apa ini yang disebut andropause?  Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih dr Andi.

Dari: J di K

Jawaban:
Memang, Andropause itu adalah istilah lama yang menunjukkan penurunan kadar hormon androgen pada pria berusia 50an. Gejala-gejala klinis Andropause mulai nampak pada usia 50 tahun dan akan lebih awal lagi kalau ada penyakit-penyakit kronis, seperti Diabetes Melitus, Hipertensi, Hiperkolesterol, jantung koroner, ginjal, obesitas, dan lain-lain.

Gejala-gejala tersebut bersifat sangat subjektif dan tidak spesifik. Oleh karenanya sering diremehkan dan dianggap normal karena pertambahan usia dan harus diterima. Gejala umum andropause termasuk (tidak semua selalu hadir), yakni: penurunan libido,  lemah/letih/lelah, perubahan memori, disfungsi ereksi (impotensi).

Gejala lain mungkin termasuk (tidak semua selalu hadir), yakni: stamina menurun, penurunan daya mental,  kognisi, konsentrasi, lekas marah, gugup, depresi, murung, berkeringat malam, palpasi dan jantung berdebar. Selain itu, penurunan elastisitas kulit, penurunan massa dan  kekuatan otot, peningkatan massa lemak, pengurangan rambut/bulu di ketiak dan kemaluan, pengurangan ukuran testis,  penurunan massa tulang dan penurunan jumlah sperma.

Beberapa gejala di atas tidak spesifik sehingga dapat disebabkan oleh faktor lain. Dalam perkembangannya, pria yang mengalami andropause akan mengalami beberapa aspek keluhan, seperti aspek vasomotor yang merupakan gejolak panas dan rasa terbakar berkeringat walaupun sedang berada di ruangan ber-AC, susah tidur (insomnia), gelisah, dan cemas. Selain itu, ada juga aspek fungsi kognitif dan suasana hati yang menampakkan gejala mudah lelah, malas, menurunnya motivasi, depresi, pelupa, serta hilangnya percaya diri.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here