DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG

SEMARANG – Adanya larangan penggunaan cantrang oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan, membuat Pemerintah Kabupaten Kendal mengambil langkah konkrit dengan memberikan bantuan berupa alat penangkap ikan ramah lingkungan dari Pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Agung Setiawan mengatakan jika jumlah nelayan di Kendal sebanyak 1347 nelayan Kabupaten Kendal menggunakan jaring sejenis cantrang untuk menangkap ikan. “Disini sebutannya arat, karena dilarang nanti akan ditarik dari nelayan dan diganti dengan jaring yang ramah lingkungan,” katanya kemarin.

Agung menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten Kendal setuju terhadap larangan penggunaan cantrang, pasalnya alat tangkap tersebut bisa mengancam kehidupan biota laut. Menurutnya di laut jawa sendiri sudah sangat jarang nelayan yang mendapatkan ikan dalam ukuran besar. “Penggunaan cantrang dapat menangkap ikan dalam segala ukuran, bahkan ukuran kecilpun juga terjaring, selain itu pemberat dalam jaring cantrang sendiri akan dapat merusak terumbu karang yang ada di laut,” bebernya.

Ia menerangkan, bantuan kepada nelayan rencananya akan diberikan pada Desember mendatang, ia pun berharap nelayan bisa langsung beralih menggunakan jaring atau alat penangkap ikan ramah lingkungan tersebut. “Jumlah cantrang atau arat yang sudah ditarik dan diganti baru 97 nelayan, sisanya sedang  diproses yang dalam pengadaannya pada tahun depan,” ujarnya.

Menurut dirinya, setelah ditarik dan diberikan alat pengganti tangkap ikan yang ramah lingkungan, tidak membuat nelayan berhenti melaut dan dianggap sebagai langkah serta solusi yang tepat agar tangkapan ikan maksimal. “Harapannya kesadaran nalayan juga ada, apalagi jika ikan kecil ikut tertangkap apakah nantinya malah tidak akan menyulitkan mereka. Bahkan ada nelayan akhirnya menangkap menangkap ikan sampai jauh-jauh sepeti di Australi, bukannnya nakap ikan malah ditangkap karena ilegal fishing,” paparnya.(den/bas)