31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Manfaatkan Potensi Pariwisata

Desa Glawan, Kecamatan Pabelan

PABELAN – Desa Glawan Kecamatan Pabelan akan kembangkan satu destinasi wisata di wilayahnya. Pemandangan alam dari ketinggian yang menarik akan dimanfaatkan untuk menyedot perhatian wisatawan. Sekdes Glawan Muhammad Noor Kholis mengatakan, pembangunan destinasi wisata ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli Desa.

”Itu ada di perbukitan Desa Glawan. Tepatnya di dusun Randusari RT 11/RW 4. Tempat itu merupakan salah satu titik tertinggi di Desa Glawan,” ujar Kholis kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sekdes : Muhammad Noor Kholis. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Sekdes : Muhammad Noor Kholis. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Di pagi hari, kata dia, dari tempat ini dapat disaksikan terbitnya matahari yang sangat indah. Selain itu, saat cuaca mendukung, akan telihat pula kenampakan dari  waduk Kedung Ombo. ”Nanti akan dibangun semacam gardu pandang. Sekitar 10 meter saya kira sudah bisa untuk melihat pemandangan bagus dari tempat itu,” jelas Kholis.

Dirinya melanjutkan, pembangunan akan dilakukan secara bertahap mengingat tempat yang diprediksikan mampu menarik sejumlah wisatawan ini belum tersentuh sampai saat ini. Tahun depan, rencananya baru akan dilakukan pembangunan jalan menuju ke lokasi ini.”Pertama kita bangun dulu aksesnya. Sehingga ketika aksesnya sudah mendukung, pembangunan dan pengembangan dapat dilakukan dengan lebih mudah,” kata dia.

Ke depan, destinasi wisata ini juga akan dimasukkan ke dalam BUMDes Glawan bersama dengan unit-unit usaha lainnya. Seperti yang saat ini sudah dijalankan yaitu unit usaha pengelolaan air bersih. ”BUMDes sudah terbentuk tapi belum berjalan dengan baik. Unit usaha tentu akan ditambahkan nantinya. Yang sudah jalan saat ini yaitu unit usaha pengelolaan air bersih,” jelasnya.

Melalui destinasi wisata ini diharpkan Desa Glawan bisa lebih ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga sejumlah usaha juga dapat dikembangkan oleh warga sekitar lokasi wisata. Seperti usaha penjualan kerajian untuk dijadikan cendera mata bagi para wisatawan.

”Dengan usaha tersebut kami berharap pendapatan masyarakat juga akan naik. Selain itu, kami juga berharap usaha yang muncul bisa membuat warga desa Glawan yang sebelumnya bekerja di luar negeri kembali untuk bekerja di tanah kelahiran,” kata dia. (cr4/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here