31 C
Semarang
Minggu, 16 Mei 2021

Gelar Wayang Keliling Seluruh Kecamatan

MUNGKID—Bupati Magelang Zaenal Arifin S.IP menggelar pentas wayang keliling di seluruh kecamatan. Kegiatan tersebut  untuk melestarikan tradisi dan kebudayaan.

“Kegiatan ini dalam rangka aktualisasi pelestarian budaya. Maka, lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kita akan menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di 21 kecamatan se-wilayah Kabupaten Magelang,” kata Bupati Zaenal Arifin  usai membuka pementasan di Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

Menurut bupati,  pentas wayang kulit ini dilaksanakan secara bergiliran dari satu kecamatan ke kecamatan lainya, dengan dalang lokal dari Kabupaten Magelang. ”Wayang kulit merupakan tinggalan sejarah yang mengandung nilai nilai luhur yang perlu dilestarikan.”

Bupati menuturkan,  cerita dari wayang kulit  juga memiliki makna yang luar biasa tentang ajaran jati diri  leluhur bangsa. “Kehadiran wayang di era global seperti sekarang ini guna menangkal ajaran/aliran dari luar yang kurang relevan dengan nilai  luhur bangsa kita,” pesan bupati.

Kegiatan wayang keliling juga dalam rangka nguri-uri kebudayaan Jawa. Karena itu, sambung Bupati Zaenal, Pemkab  secara rutin dan terencana memberikan pembinaan kepada sanggar atau kelompok seni-budaya yang berkembang di masyarakat. Selain agar mereka tumbuh secara profesional dan berinovasi guna mendukung pelestarian budaya, juga  dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata daerah. (vie/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here